Kamis, 30 Mei 2019

Cara Membuat Presentasi Rapat Dengan Baik

| Kamis, 30 Mei 2019
Rapat harus disajikan dengan baik agar hasilnya bisa diterima para peserta rapat. Penyajian ini bisa menggunakan power point maupun manual hanya dengan ceramah.

Berikut ini akan dipaparkan secara singkat cara membuat presentasi yang baik menggunakan teknik manual ceramah maupun media power point.

Rapat dengan teknik manual ceramah

Seorang pimpinan rapat yang hanya mengandalkan teknik ceramah harus mempunyai kemampuan retorika yang baik. Karena kemampuan retorika akan bisa membuat poin-poin rapat tersampaikan dengan jelas kepada peserta.

Ceramah dari pimpinan rapat haruslah mempunyai struktur yang teratur. Kalau perlu gunakan catatan-catatan kecil seperti mindmap.

Sampaikan poin rapat dengan jelas. Berikan penjelasan secara detil. Ulangilah hal-hal yang sangat penting.

Rapat dengan menggunakan media power point

Rapat bisa dengan menggunakan media. Media yang sangat populer pada saat ini adalah power point. Power point menjadi populer karena pembuatannya sangat mudah dan menarik.

Hal-hal yang harus diperhatikan dalam membuat presentasi menggunakan media power point adalah sebagai berikut.

Jangan terlalu banyak mengetikkan teks di halaman power point. Terlalu banyak teks membuat bingung dan membosankan peserta rapat. Cukup ketik inti dari hal yang akan dibahas. Penjelasan bisa disampaikan secara lisan.

Perkuat dengan gambar. Gambar yang sesuai dengan poin rapat akan sangat membantu pemahaman para peserta rapat.

Kurangi animasi tulisan. Salah satu kelebihan dari power point adalah adanya animasi. Tetapi terlalu banyak animasi membuat konsentrasi pecah sehingga inti rapat tidak bisa diterima dengan baik.

Dari kedua teknik penyampaian rapat di atas, jangan lupa menarik kesimpulan di setiap akhir presentasi. Kesimpulan harus jelas dan tak perlu bertele-tele.

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar