SEKOLAH OKE

SEKOLAH OKE

Senin, 27 Januari 2020

no image

6 Langkah Mudah Membuat Teks Ulasan/Review

Dalam postingan kali ini sekolahoke.com akan berbagi sebuah artikel tentang 6 langkah mudah membuat teks ulasan/review.

Teks ulasan/review adalah sebuah teks yang mempunyai fungsi untuk memberi penilaian atau pembahasan terhadap suatu karya.

Menulis teks ulasan cukup mudah. Kamu tinggal mengikuti langkah-langkah berikut ini untuk membuat sebuah teks ulasan yang baik.

Masukkan identitas karya.

Tulislah identitas karya yang akan kamu ulas. Judul, pengarang, penerbit, tahun terbit adalah hal yang wajib kamu cantumkan. Identitas karya ini bisa ditulis diawal paragraf atau disebar di beberapa bagian ulasan.

Tulislah orientasi

Orientasi adalah paparan bagian awal dari sebuah karya yang diulas. Jika sebuah film, maka ceritakan bagian pembukaan dari film.

Sinopsis dengan singkat dan jelas

Pada bagian kamu bisa ceritakan isi sebuah karya secara ringkas. Tulislah bagian-bagian penting dan menarik dari karya tersebut dari awal hingga akhir.

Membuat analisis

Setelah memaparkan sinopsis dengan singkat maka buatlah analisis tentang tokoh, cara penulis bercerita, dan kesimpulan tentang alur cerita secara umum menurut pandangan kamu sendiri.

Membuat evaluasi

Bagian ini bisa kamu isi dengan sebuah kesimpulan tentang kelebihan dan kekurangan karya yang kamu ulas. Bisa juga menuliskan pesan moral dalam cerita tersebut.

Selasa, 21 Januari 2020

Struktur Teks Cerita Naratif Bahasa Inggris (Generic Structure), The Legend of Calonarang

Struktur Teks Cerita Naratif Bahasa Inggris (Generic Structure), The Legend of Calonarang

Dalam postingan kali ini sekolah oke menyajikan sebuah artikel tentang struktur teks (generic structure) cerita naratif Bahasa Inggris.

Generic structure cerita naratif terdiri atas orientation, complication, resolution dan reorientation.

Orientation berisi pengenalan tokoh, latar belakang tempat, waktu, dan suasana. Pada bagian ini juga digambarkan bagaimana alur cerita akan dibuat.

Complication adalah bagian teks dimana mulai terjadi konflik. Untuk cerita sederhana biasanya hanya ada satu konflik atau masalah.

Resolution adalah bagian yang menceritakan penyelesaian dari suatu konflik. Bagian ini bisa berulang-ulang jika masalah lebih dari satu.

Reorientation adalah bagian akhir dari sebuah cerita yang berisi kesimpulan atau bagaimana cerita itu selesai.

Berikut ini adalah struktur teks dari cerita The Legend of Calonarang.

Orientation

Long time ago in Girah Village there lived an old woman. Her name was Calonarang. She had magical power. Calonarang had a daughter. Her name was Ratna Mangali. She was very beautiful. Yet, nobody wanted to marry her because they were afraid of her mother.

Complication

People began to talk about Ratna Mangali. Calonarang didn't like people talking about her daughter. She loved Ratna Mangali very much. When she heard people talked about her daughter, she got angry. She cursed the village. People got ill and die.

Resolution

The king sent his best soldier to arrest Calonarang. But, they failed. Then, the king called Mpu Baradah. The King asked for his help. 

Mpu Baradah sent his student Mpu Bahula to Girah Village. Mpu Baradah told Mpu Bahula to propose Ratna Mangali. Calonarang was very happy when Mpu Bahula proposed Ratna Mangali. She knew that people would not talk about her daughter anymore. She gave her daughter a big wedding party.

One day, Mpu Bahula asked Ratna Mangali to steal her mother's magic book. When Calonarang was asleep, Ratna Mangali stole her mother's magic book and gave it to her husband. Then Mpu Bahula gave the book to Mpu Baradah.

Reorientation

After he knew Calonarang's magic secret, Mpu Baradah came to Girah Village. Calonarang and Mpu Baradah had a fight. Calonarang lost the fight because she didn't have her magical book anymore.

Minggu, 19 Januari 2020

no image

Cara Diet yang Tidak Bikin Stress

Kamu ingin diet menurunkan berat badan? Tapi kok malah merasa stress. Padahal stress ini meningkatkan hormon kortisol yang menggagalkan diet kamu lho. Bukannya kurus malah makin gendut.

Nih ada cara yang tidak bikin stress bagi kamu yang ingin menurutkan berat badan secara permanen. Bagaimana? Simak cara lengkapnya berikut ini.

1. Minggu pertama kurangi makanan dan minuman yang mengandung gula pasir.

Peyebab berat badan naik bukan lemak. Tapi adalah glukosa yang terkandung dalam makanan dan minuman yang kita konsumsi. Glukosa yang masuk ke dalam pencernaan akan disimpan menjadi lemak jika tidak dipakai beraktivitas. Lambat laun lemak ini menumpuk di beberapa bagian tubuh kita.

Jadi gak boleh makan kue-kue dan es teh manis dong. Ya jangan berhenti langsung biar badannya tidak kaget. Kalau sehari biasa makan dua kue sekarang harus makan satu saja. Kalau seminggu bisa habis 20 kue, sebisa mungkin cukup 5 kue saja. Lambat laun hentikan sama sekali.

2. Minggu kedua hindari gorengan dan makanan mengandung tepung.

Makanan yang digoreng kadar kalorinya akan melonjak tinggi. Sehingga satu gorengan saja membuat kalori tubuh berlebih. Apalagi lebih dari satu. Kalori berlebih tersebut akan disimpan ditubuh menjadi lemak dan menumpuk membuat gendut.

Makanan mengandung tepung juga demikian. Dia sulit dicerna oleh tubuh sehingga akan disimpan menjadi lemak jenuh.

3. Minggu ketiga kurangi makan nasi putih.

Nasi putih adalah sejenis karbohidrat sederhana yang mempunyai kadar glukosa tinggi. Dia akan diolah tubuh dengan cepat namun kadar glikemiksnya cukup tinggi sehingga meningkatkan gula darah.

Tentu saja berbicara mengenai kadar gula yang tinggi erat kaitanya dengan lemak di tubuh.  Karena gula yang tidak dipakai akan menjadi lemak yang menumpuk.

Demikianlah tips ringan cara diet yang tidak bikin stress. Semoga bermanfaat.

Sabtu, 18 Januari 2020

Descriptive Text Brisia Jodie

Descriptive Text Brisia Jodie


Dalam postingan kali ini sekolahoke.com menerbitkan sebuah artikel tentang descriptive teks artis penyanyi Indonesia Brisia Jodie dalam versi Bahasa Inggris dan artinya.

Descriptive text Brisia Jodie

This girl's full name is Brisia Jodie Maurinne. He was born in Yogyakarta on March 30, 1996.

Jodie is the third child of three siblings. He has an older brother named Michael Juan and an older sister named Sonia Jasmine.

Jodie is a tiny and good looking girl. She is not so tall but has a proportional body.

Jodie became popular since becoming a finalist of Indonesian Idol 9. Although she did not win the 1st place, her name is still well known by Indonesias. Even her duet song with Arsy Widianto could become a hits song in 2019.

Brisia Jodie has a unique hobby. Unlike most girls, he has a hobby of playing online games. In fact, he was a RRQ team brand ambassador, an e-sport athlete team.

Teks deskripsi Brisia Jodie

Gadis ini bernama lengkap Brisia Jodie Maurinne. Dia lahir di Yogyakarta pada tanggal 30 Maret 1996. 

Jodie merupakan anak ketiga dari tiga bersaudara. Dia mempunyai kakak laki-laki bernama Michael Juan dan kakak perempuan bernama Sonia Jasmine.

Jodie mempunyai perawakan mungil dan enak dipandang. Tidak begitu tinggi namun mempunyai tubuh yang proporsional.

Jodie mulai populer sejak menjadi finalis Indonesian Idol 9. Walaupun tidak menjadi juara 1, namanya tetap dikenal oleh masyarakat Indonesia. Bahkan lagu duetnya dengan Arsy Widianto bisa menjadi lagu hits di tahun 2019.

Brisia Jodie mempunyai hobi yang unik. Tidak seperti gadi kebanyakan, dia mempunyai hobi bermain game online. Bahkan dia pernah menjadi brand ambassador team RRQ yang merupakan tim atlet e-sport.

Rabu, 15 Januari 2020

Contoh Percakapan Tidak Percaya dalam Bahasa Inggris (Expressing Disbelief)

Contoh Percakapan Tidak Percaya dalam Bahasa Inggris (Expressing Disbelief)

Berikut ini sekolahoke.com menyajikan sebuah artikel percakapan Bahasa Inggris tentang mengungkapkan tidak percaya (expressing disbelief).

Versi Bahasa Inggris

Laura: Last night I watched BTS concert.
Ben: Really? I don't believe it.
Laura: Yes, that's true. If you don't believe it you can ask my mom.
Ben: How come? BTS was in Jakarta.
Laura: Last Saturday I went to Jakarta. I stayed in my aunt's house. I went back home this morning.
Ben: Cool. How was the concert?
Laura: It's amazing. Many people cried out when BTS performed.
Ben: Lucky you. How much is the ticket?
Laura: It's 1 million rupiah.

Versi Bahasa Indonesia

Laura: Tadi malam aku nonton konser BTS.
Ben: Benarkah? Aku tidak percaya.
Laura: Ya, benar. Jika kamu tidak percaya tanya ibuku.
Ben: Kok bisa? BTS di Jakarta.
Laura: Sabtu lalu aku ke Jakarta. Aku menginap di rumah bibiku Aku pulang tadi pagi.
Ben: Keren. Bagaimana konsernya?
Laura: Luar biasa. Orang-orang histeris begitu BTS tampil.
Ben: Kamu beruntung. Berapa harga tiketnya?
Laura: Satu juta rupiah.

Selasa, 07 Januari 2020

Makanan yang Harus Dihindari atau Berhenti Dikonsumsi

Makanan yang Harus Dihindari atau Berhenti Dikonsumsi


Saya adalah peserta diet sehat. Artinya saya menerapkan pola makan yang baik untuk menjaga kesehatan saya sampai tua.

Apa yang saya lakukan untuk menerapkan pola hidup sehat?

Tentu saja saya tidak melakukan dengan asal. Tapi ada kiblat orang yang sudah melakukannya dan terbukti berhasil membuat saya sehat selalu.

Panutan saya dalam melakukan diet sehat adalah dr. Zaidul Akbar. Menurut dokter yang saat ini sibuk menjadi da'i ini ada 4 makanan yang harus dihindari atau stop sama sekali.

1. Makanan mengandung gula pasir.
Gula mengandung glukosa. Zat ini dibutuhkan oleh tubuh untuk energi. Namun ada jenis gula yang sulit dicerna tubuh dan cenderung disimpan menjadi lemak ketika tidak digunakan. Gula apa itu? Gula pasir. Maka sebaiknya hindari gula pasir sedini mungkin.

2.  Makanan mengandung tepung
Makanan lain yang juga sulit dicerna oleh usus adalah makanan bertepung. Makanan bertepung membuat saluran pencernaan bekerja cukup berat untuk memprosesnya.

3. Makanan yang digoreng dengan minyak kelapa
Makanan yang digoreng dengan minyak kelapa membuat kadar kalori menjadi melonjak tinggi. Selain itu enzim dan zat baik dalam makanan akan hilang ketika digoreng dengan minyak bersuhu tinggi. Maka makanan menjadi tidak bergizi lagi.

Selain itu penggunaan minyak berulang-ulang akan memicu lemak jenuh dan bisa menyebabkan serangan jantung jika digunakan berlebihan.

4. Nasi putih
Nasi putih dianjurkan untuk tidak dikonsumsi. Karena nasi putih sudah melewati proses perubahan yang menghilangkan banyak zat baiknya. Sehingga yang kita makan hanya berupa karbohidrat semata.

Selain karbohidrat nasi putih juga mengandung glukosa yang cukup tinggi yang berarti menambahkan unsur gula ke dalam tubuh yang lama-kelamaan memicu gula darah berlebihan penyebab diabetes.

Demikianlah apa yang saya dapat dari kajian dr. Zaidul Akbar. Semoga bermanfaat.

Sabtu, 28 Desember 2019

Nama Makanan Indonesia dalam Bahasa Inggris, Orang Inggris Pasti Gagal Paham

Nama Makanan Indonesia dalam Bahasa Inggris, Orang Inggris Pasti Gagal Paham


Apakah makanan tradisional Indonesia ada Bahasa Inggrisnya? Namanya saja asli Indonesia tentu tidak akan ditemui di negara asli berbahasa Inggris seperti Inggris dan Amerika sana.

Tapi apakah boleh menerjemahkan nama makanan Indonesia ke dalam Bahasa Inggris? Sah-sah saja sih. Namun apa orang asing paham dengan ini? Sepertinya mereka akan mengernyitkan dahi setelah membacanya. Biarkan saja. Kalau mereka penasaran, biar mereka datang ke Indonesia untuk mengetahuinya.

Inilah nama makanan tradisional Indonesia yang diterjemahkan ke dalam Bahasa Inggris oleh sekolahoke.com
  • Nasi goreng = fried rice.
  • Sate = satay.
  • Gulai/Kare = curry.
  • Rujak = kind of food like salad but only containing cucumber, vegetables and sometimes with steamed rice inside banana leaves. The food usually dresses with peanut sauce.
  • Ayam Bakar Sederhana = simple grilled chicken.
  • Lontong = long steamed rice packed with banana leaf.
  • Lemper = sticky rice containing minced chicken inside and packed using banana leaf.
  • Gado-gado = kind of food consist of vegetables with peanut sauce.
  • Tahu tek = kind of food like omelet consist of tofu with sprouts and peanut sauce.
  • Onde-onde = round sweet cake containing sugar inside.
  • Ketupat = diamond steamed rice packed with coconut leaf.
  • Nasi bungkus = the wrapped rice.
  • Nasi kucing = cat rice (wrapped rice with eggs or chicken).
  • Nasi bebek = duck rice (wrapped rice with noodle, eggs, or chicken).
Demikianlah beberapa nama makanan tradisional Indonesia yang diartikan ke dalam Bahasa Inggris yang bisa membuat orang Inggris gagal paham.