Senin, 27 Januari 2020

5 Langkah Mudah Membuat Teks Ulasan/Review

| Senin, 27 Januari 2020
Dalam postingan kali ini sekolahoke.com akan berbagi sebuah artikel tentang 5 langkah mudah membuat teks ulasan/review.

Teks ulasan/review adalah sebuah teks yang mempunyai fungsi untuk memberi penilaian atau pembahasan terhadap suatu karya.

Menulis teks ulasan cukup mudah. Kamu tinggal mengikuti langkah-langkah berikut ini untuk membuat sebuah teks ulasan yang baik.

1. Masukkan identitas karya.

Tulislah identitas karya yang akan kamu ulas. Judul, pengarang, penerbit, tahun terbit adalah hal yang wajib kamu cantumkan. Identitas karya ini bisa ditulis diawal paragraf atau disebar di beberapa bagian ulasan.

2. Tulislah orientasi

Orientasi adalah paparan bagian awal dari sebuah karya yang diulas. Jika sebuah film, maka ceritakan bagian pembukaan dari film.

3. Sinopsis dengan singkat dan jelas

Pada bagian kamu bisa ceritakan isi sebuah karya secara ringkas. Tulislah bagian-bagian penting dan menarik dari karya tersebut dari awal hingga akhir.

4. Membuat analisis

Setelah memaparkan sinopsis dengan singkat maka buatlah analisis tentang tokoh, cara penulis bercerita, dan kesimpulan tentang alur cerita secara umum menurut pandangan kamu sendiri.

5. Membuat evaluasi

Bagian ini bisa kamu isi dengan sebuah kesimpulan tentang kelebihan dan kekurangan karya yang kamu ulas. Bisa juga menuliskan pesan moral dalam cerita tersebut.

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar