Senin, 04 November 2019

Tata Cara Melamar Menjadi Guru Kursus Bahasa Inggris

| Senin, 04 November 2019
Saya sudah lama menjadi guru kursus Bahasa Inggris di sebuah lembaga kursus Bahasa Inggris di Jember. Kalau saya tidak salah sudah lebih sepuluh tahun sejak 2009.

Ada yang bertanya bagaimana tata cara melamar menjadi guru kursus Bahasa Inggris itu? Apakah sulit persyaratannya.

Persyaratannya tidak sulit bahkan cenderung sangat mudah. Berikut ini adalah syarat utama administrasi yang harus disiapkan sebelum melamar menjadi guru kursus.

1. Ijasah S1 Pendidikan Bahasa Inggris/Sastra Inggris.
2. Sertifikat TOEFL/kursus Bahasa Inggris.
3. Surat Lamaran Kerja dilengkapi CV.

Ijasah S1 Pendidikan Bahasa Inggris/Sastra Inggris hukumnya wajib disertakan saat melamar. Kalau tidak punya ijasah tersebut sebaiknya mundur. Kecuali punya orang dalam.

Sertifikat TOEFL/kursus Bahasa Inggris ada lembaga yang mewajibkan harus punya. Namun biasanya pihak lembaga kursus mengadakan tes mandiri untuk mengetahui kemampuan calon tutor/guru Bahasa Inggris mereka secara langsung.

Surat lamaran kerja dan CV yang bisa ditulis dalam Bahasa Inggris atau Bahasa Indonesia. Dibuat dengan sejelas-jelasnya.

Setelah semua berkas dilengkapi ikuti prosedur lamaran kerja yang diminta oleh lembaga tersebut. Biasanya pihak lembaga kursus menyebarkan pamflet atau iklan di media cetak atau di tempat-tempat umum kalau lembaga mereka membutuhkan guru Bahasa Inggris.

Tapi tidak menutup kemungkinan melalui perantaraan teman yang memang mengajar di tempat tersebut. Contohnya saya diminta teman saya untuk mengirimkan lamaran ke tempat kursus karena ada lowongan.

Berkas yang sudah dilengkapi bisa dikirim via pos atau diantar sendiri ke tempat kursus. Saat ini lembaga-lembaga lebih memilih jasa kurir via pos untuk menerima surat lamaran. Ini dimaksudkan memudahkan seleksi dan menghindari antrean pelamar.

Setelah mengirim lamaran kerja, maka saatnya menunggu. Jika beruntung, anda akan dipanggil. Maka dari itu sebaiknya kirim ke lebih dari satu lembaga.

Demikian tata cara melamar menjadi guru kursus Bahasa Inggris sesuai pengalaman saya. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar