Jumat, 22 November 2019

Penjelasan Tema Hari Guru Tahun ini

| Jumat, 22 November 2019
Tanggal 25 November diperingati Hari Guru Nasional. Hari Guru Nasional ini biasanya diperingati dengan upacara bendera dan kegiatan-kegiatan yang bernuansa pendidikan.

Tema yang digunakan tahun 2019 ini adalah Guru Penggerak Indonesia Maju. Tema ini berdasarkan Surat Edaran resmi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI yang bisa dibaca di website kemdikbud.go.id.

Guru Penggerak Indonesia Maju

Guru adalah garda terdepan dunia pendidikan Indonesia. Di tangan mereka nasib pendidikan anak bangsa dipertaruhkan.

Guru menjadi bagian yang tak terpisahkan dari keseharian siswa. Tiap pagi hingga sore berinteraksi di lembaga pendidikan.

Maka wajar jika guru dianggap menjadi penggerak Indonesia maju. Karena dengan pembinaannya semata anak bangsa bisa mempunyai karakter baik, berilmu pengetahuan dan mempunyai bekal membawa kemajuan bangsa.

Mari kita lihat sejenak apa yang dilakukan guru di sekolah untuk membangun karakter dan kemampuan bangsa.

Pagi hari sebelum masuk kelas, siswa bersalaman dengan guru. Ini merupakan pembiasaan yang menjadi awal pembentukan karakter kasih sayang sesama dan menghormati yang lebih tua.

Setelah bel masuk para guru akan membimbing siswanya menyanyikan lagu Indonesia Raya yang merupakan perwujudan cinta tanah air dan bangsa serta menggelorakan semangat kebangsaan.

Bimbingan doa dilaksanakan setiap paginya untuk membentuk karakter bersyukur kepada Allah SWT yang telah memberikan kehidupan.

Selanjutnya guru membimbing siswanya dalam pembelajaran. Menjadi teman belajar menguasai pengetahuan sekaligus mempraktekkannya hingga nanti berguna saat sudah purna siswa.

Kegiatan sekolah diakhiri dengan berdoa bersama setiap akan pulang. Kegiatan ini adalah pembelajaran untuk senantiasa bersyukur atas kesempatan belajar yang diberikan Allah SWT.

Dengan memperhatikan kegiatan guru tersebut maka tepatlah kiranya guru penggerak Indonesia maju karena apa yang para guru lakukan hari ini akan menjadi bekal anak bangsa membawa kemajuan Indonesia.

Demikian sedikit penjelasan tentang tema hari guru tahun ini. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar