Rabu, 20 November 2019

Alasan Memilih Profesi Guru

| Rabu, 20 November 2019
Setiap waktu istirahat saya sempatkan waktu yang sedikit untuk bercengkrama dengan guru-guru di sekolah saya. Maklum sebagai makhluk sosial seorang guru perlu berinteraksi dengan sekitarnya bukan?

Dari sekian perbincangan ada satu pertanyaan yang saya lontarkan kepada para guru ini. Mengapa mereka sekarang memilih menjadi seorang guru.

Macam-macam alasan mereka memilih profesi guru. Diantaranya saya rangkum dalam artikel ini. Selamat menyimak.

Permintaan orang tua

Permintaan orang tua adalah salah satu alasan guru memilih profesi guru. Dulu waktu masih SMA dan hendak kuliah, orang tua mereka menyuruh pilih jurusan pendidikan supaya menjadi guru. Sebagai anak yang taat tentu saja mereka memilihnya.

Kecelakaan sejarah

Apa maksudnya kecelakaan sejarah? Dulu waktu mau kuliah bingung mau kuliah apa. Pas disodori formulir pendaftaran perguruan tinggi tulis apa yang terlihat di depan mata.

Tidak ada pekerjaan lain

Ada juga guru yang menjadi guru karena tidak menemukan pekerjaan lain. Bahkan ada yang sebelumnya jurusan Hukum dan Ekonomi. Mereka mencari pekerjaan tidak ujung tiba. Akhirnya nekad terjun ke sekolah dengan menempuh pendidikan akta IV.

Cita-cita

Faktor cita-cita yang mengantarkan mereka menjadi guru. Bahkan ada guru yang sudah bercita-cita menjadi guru sejak kecil. Pengaruh luar juga ikut andil seperti keluarga guru atau punya guru favorit di sekolah sehingga terlecut untuk menjadi guru.

Demikianlah beberapa alasan mengapa memilih profesi guru hasil wawancara informal saya dengan teman-teman guru. 

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar