Senin, 03 Juni 2019

Cara Melamar Menjadi Guru di Sekolah

| Senin, 03 Juni 2019
Saya sudah menjadi guru selama kurang lebih 14 tahun (2005 - 2019). Tentu saja dengan proses melamar pekerjaan menjadi guru terlebih dahulu.

Bagaimana cara melamar menjadi guru di sekolah? Pertanyaan ini muncul dari rekan yang biasanya baru menyelesaikan pendidikan keguruan di universitas.

Cara melamar menjadi guru di sekolah cukup mudah. Simaklah proses dan cara melamar menjadi guru berikut ini.

Persiapkan berkas lamaran

Berkas lamaran harus dipersiapkan sebelum berangkat ke sekolah yang dimaksud. Berkas lamaran terdiri dari surat lamaran kerja, daftar riwayat hidup, pas foto 4x6 sebanyak 2 lembar, fotokopi KTP, fotokopi ijasah terakhir, akta mengajar dan transkrip nilai.

Mengirim berkas

Berkas yang sudah dipersiapkan lalu dikirim bisa melalui pos atau datang sendiri ke sekolah yang dituju.

Mengirim melalui pos bisa dilakukan jika ingin lebih efisien. Kita bisa mengirim ke beberapa sekolah tanpa merasa lelah.

Mengirim langsung ke sekolah tanpa perantara lebih disarankan. Jadi kita bisa tahu langsung kondisi sekolah dan berhadapan dengan kepala sekolah untuk memberi keyakinan kita layak bekerja disana.

Cara lainnya dengan perantara orang dalam. Cara ini biasanya lebih banyak berhasil karena yang tahu kebutuhan sekolah hanya orang dalam.

Melamar ke Sekolah Negeri atau Swasta?

Melamar ke sekolah negeri lebih sulit daripada swasta. Sekolah negeri biasanya tertutup untuk orang umum. Bahkan ada kabupaten yang mensyaratkan rekomendasi dinas pendidikan setempat.

Melamar di sekolah swasta lebih mudah karena sekolah swasta biasanya lebih membutuhkan guru. Setiap tahun pelajaran baru pasti ada guru yang keluar karena berbagai alasan.

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar