Selasa, 28 Mei 2019

Akibatnya Jika Guru Tidak Membuat RPP

| Selasa, 28 Mei 2019
RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) adalah hal yang wajib dibuat oleh guru sebelum memulai proses pembelajaran di kelas. Dikatakan wajib karena RPP ini laksana pedang untuk perang. Jika tidak ada pedang maka akan kalah dibunuh oleh musuh.

Apa akibatnya jika guru tidak membuat RPP?

Akibat yang ditimbulkan oleh seorang guru yang tidak membuat RPP adalah guru tidak siap melaksanakan pembelajaran. Dia tidak akan siap membuat bahan ajar, langkah pembelajaran apa yang akan dilakukan di kelas dan penilaian apa yang diambil atas peserta didiknya. Tentu saja tujuan pembelajaran tidak akan pernah tercapai.

Akibat lain dari guru yang tidak membuat RPP adalah dia akan sering berbicara kesana-kemari. Berbicara dan bercerita hal yang tidak ada hubungannya dengan pelajaran. Bahkan dia sering marah-marah di kelas karena tidak tahu harus memulai pelajaran darimana.

Guru yang tidak membuat RPP tidak akan bisa menganalisa proses pembelajaran. Dia tidak akan menemukan dimana kelemahan dia dalam mengajar. Tidak akan mampu menganalisa kekurangan siswa. Dia juga tidak akan mampu memperbaiki pembelajaran berikutnya.

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar