Mengapa Blog Sulit Dibuka?

Banyak para blogger pemula bertanya, mengapa blognya sulit dibuka? Bisa dibuka, tetapi loadingnya lama. Kadang muncul pesan error "request time out" Ada apa gerangan?

Sebagai blogger tentu kita ingin banyak pengunjung. Orang mengakses blog salah satunya bisa diukur dari seberapa ringan blog kita dibuka baik dari mesin pencari maupun dengan mengetikkan nama blog kita langsung di browser. Semakin berat loading, orang akan mudah pindah. Dia takkan segan-segan klik tanda close tab dan mencari sumber lainnya.

Memang ada banyak hal yang membuat blog susah dibuka. Misalnya, koneksi internet pengguna yang tak begitu bagus dan bandwith blog sangat kecil.

Koneksi internet adalah faktor luar. Akses internet di Indonesia cenderung lambat jika diukur dari negara-negara lain. Dengan berpikir seperti ini, kita bisa membuat blog yang mudah diakses oleh pengguna yang mempunyai kecepatan internet sangat minim.

Mari kita analisis mengapa blog kita susah dibuka. Berikut ini akan disampaikan beberapa pertanyaan mengenai blog yang kita kelola. Dengan menjawab pertanyaan ini, kita akan dengan mudah mengenali kelemahan blog kita dan memperbaikinya.

Apakah blog kita sangat berat?

Blog juga ada ukurannya. Jika anda ingin tahu seberapa berat blog anda, timbanglah berat blog. Silahkan googling dengan judul "Cara Menimbang Berat Blog". Setelah masuk ke tempat timbangan, masukkan URL blog anda. Lihat beratnya. Kalau ada di atas 100 Kb, blog anda termasuk kelas berat. Segera lakukan diet untuk menguranginya. Misalnya mengurangi widget atau melakukan kompresi. Caranya baca di postingan Cara Mempercepat Loading Blog.

Apakah blog kita menggunakan template hasil download?

Banyak sekali template blog yang cantik dan enak dipandang. Namun sayangnya blog tersebut sangat lemot. Ada banyak coding HTML yang membuat pengakses blog kita merasa kesulitan. 

Saran saya, gunakan template standard. Namun, jika anda sangat menyukai template hasil download, periksalah HTML blog. Buanglah widget yang tak penting.

Apakah blog kita banyak flash banner?

Flash banner sangat elok dimata. Bisa memanjakan mata pengguna. Tapi, widget ini akan membuat blog sangat susah dibuka. Tambahan lagi, flash banner kita merupakan hasil karya cipta pihak ketiga. Ketika pihak ketiga down, blog kita ikut keok karena menunggu hasil dari server.

Apakah blog kita penuh Assesories tak penting?

Penting atau tidak itu relatif. Tapi kita bisa berpikir standard saja. Misalnya, widget jam. Apakah penting? Sepertinya orang tak akan melihat jam terus menerus setiap masuk ke blog. Ia akan melihat konten postingan kita.

Ada lagi widget tambahan seperti pelacak pengunjung misalnya feedjit, penghitung pengunjung misalnya statcounter, penghitung pengunjung online, musik pengiring di blog, adalah widget yang memperberat loading blog. Semakin banyak aplikasi pihak ketiga yang kita tanam, makin sulit orang membuka blog kita.

Nah, setelah menjawab pertanyaan di atas, tiba saatnya anda melakukan evaluasi dan perbaikan agar blog kita tetap eye-catching dan mudah diakses.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Copyright (c) 2010-2016. sekolahoke.com