Selasa, 07 Januari 2020

Makanan yang Harus Dihindari atau Berhenti Dikonsumsi

| Selasa, 07 Januari 2020

Saya adalah peserta diet sehat. Artinya saya menerapkan pola makan yang baik untuk menjaga kesehatan saya sampai tua.

Apa yang saya lakukan untuk menerapkan pola hidup sehat?

Tentu saja saya tidak melakukan dengan asal. Tapi ada kiblat orang yang sudah melakukannya dan terbukti berhasil membuat saya sehat selalu.

Panutan saya dalam melakukan diet sehat adalah dr. Zaidul Akbar. Menurut dokter yang saat ini sibuk menjadi da'i ini ada 4 makanan yang harus dihindari atau stop sama sekali.

1. Makanan mengandung gula pasir.
Gula mengandung glukosa. Zat ini dibutuhkan oleh tubuh untuk energi. Namun ada jenis gula yang sulit dicerna tubuh dan cenderung disimpan menjadi lemak ketika tidak digunakan. Gula apa itu? Gula pasir. Maka sebaiknya hindari gula pasir sedini mungkin.

2.  Makanan mengandung tepung
Makanan lain yang juga sulit dicerna oleh usus adalah makanan bertepung. Makanan bertepung membuat saluran pencernaan bekerja cukup berat untuk memprosesnya.

3. Makanan yang digoreng dengan minyak kelapa
Makanan yang digoreng dengan minyak kelapa membuat kadar kalori menjadi melonjak tinggi. Selain itu enzim dan zat baik dalam makanan akan hilang ketika digoreng dengan minyak bersuhu tinggi. Maka makanan menjadi tidak bergizi lagi.

Selain itu penggunaan minyak berulang-ulang akan memicu lemak jenuh dan bisa menyebabkan serangan jantung jika digunakan berlebihan.

4. Nasi putih
Nasi putih dianjurkan untuk tidak dikonsumsi. Karena nasi putih sudah melewati proses perubahan yang menghilangkan banyak zat baiknya. Sehingga yang kita makan hanya berupa karbohidrat semata.

Selain karbohidrat nasi putih juga mengandung glukosa yang cukup tinggi yang berarti menambahkan unsur gula ke dalam tubuh yang lama-kelamaan memicu gula darah berlebihan penyebab diabetes.

Demikianlah apa yang saya dapat dari kajian dr. Zaidul Akbar. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar