Senin, 21 Oktober 2019

Jenis Paragraf Berdasarkan Letak Gagasan Utamanya

| Senin, 21 Oktober 2019
Jenis paragraf berdasarkan letak gagasannya dibagi tiga, yaitu paragraf deduktif, paragraf induktif, dan paragraf campuran.

Paragraf deduktif

Gagasan utama terletak di kalimat pertama paragraf tersebut. Kalimat-kalimat selanjutnya adalah gagasan pendukung dari gagasan utamanya.

Contoh paragraf deduktif

Raditya dianggap manusia psikopat. Saat ditanya oleh Deddy tentang bagaimana jika dia sedang mencuri tapi ketahuan oleh pemiliknya. Raditya dengan sangat meyakinkan akan membunuh orang tersebut agar tidak ketahuan orang lain.

Kalimat yang bercetak tebal adalah gagasan utama. Kemudian diikuti kalimat yang berguna untuk mendukung kalimat tersebut.

Paragraf induktif

Gagasan utama terletak di kalimat terakhir. Kalimat sebelumnya adalah gagasan pendukung untuk mempertegas gagasan tersebut.

Contoh paragraf induktif

Laki-laki asal Batak ini banyak menelurkan lagu hits. Tak jarang lagu hitsnya cukup lama bertengger di tangga lagu populer Indonesia. Selain itu Judika sering muncul di acara  TV nasional. Tak bisa dipungkiri lagi, Judika adalah penyanyi cowok populer tahun ini.

Kalimat yang bercetak tebal adalah gagasan utama dari paragraf tersebut. Kalimat sebelumnya adalah gagasan pendukung.

Contoh paragraf campuran

Tayangan televisi dianggap kurang mendidik oleh beberapa kalangan. Setiap hari pemirsa dicekoki sinetron bertema cinta dan tahayul. Ada juga tayangan musik yang dipenuhi goyangan seronok dan lawakan sampah. Maka dari itu tepat kiranya kalau acara televisi tidak berisi pendidikan sama sekali.

Dalam contoh ini gagasan utama ada di awal dan akhir kalimat. Awal kalimat sebagai gagasan umum yang kemudian di dukung beberapa gagasan khusus untuk memperkuat. Kemudian diakhiri dengan penegasan di akhir kalimat.

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar