Sabtu, 19 Oktober 2019

Bahaya Menyebar Identitas Diri, KTP dan Nomor Telepon di Sosial Media

| Sabtu, 19 Oktober 2019

Menyebar indentitas diri baik KTP maupun kartu keluarga dan nomor telepon di sosial media cukup berbahaya. Bahayanya bisa adanya tindakan pencurian hingga gangguan privasi.

Identitas dalam KTP bisa disalahkan pihak yang tidak bertanggung jawab untuk melakukan manipulasi data atas nama kita, menelusuri rekening perbankan untuk melakukan pencurian dan berlaku jahat atas nama kita.

Bagaimana memanipulasi data menggunakan KTP? Caranya dengan menggunakan NIK yang tertera di KTP dan tanggal lahir. Misalnya tindakan pencucian uang dengan memasukkan NIK dan tanggal lahir tersebut sebagai data pengguna.

Rekening bank kita bisa juga dibobol karena Nama dan Tempat Tanggal Lahir diketahui orang lain. Apalagi nama ibu kandung juga bocor, maka rekening bisa dicuri.

Bahaya lainnya dari pencurian data KTP adalah mengatasnamakan tindakan kriminal dengan nama kita. Misalnya orang membuat KTP ganda atas nama kita. KTP itu digunakan untuk jaminan pinjam uang yang digelapkan.

Selain Identitas diri dan KTP, bahaya lainnya datang dari nomor telepon yang tersebar di medsos.

Nomor telepon ini bisa menjadi objek teror dan spamming. Maka jangan heran nomor yang tersebar sering mendapat banyak iklan dari orang yang tidak dikenal.

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar