Jumat, 07 Juni 2019

Cara Membuka Rapat yang Baik dan Benar

| Jumat, 07 Juni 2019

Ini adalah tips membuka rapat yang baik dan benar yang diperuntukkan bagi pemula. Yaitu orang yang pertama kali memimpin rapat baik sebagai pimpinan maupun orang yang ditunjuk untuk memimpin rapat.

Seseorang yang belum pernah memimpin rapat pastinya akan bertanya bagaimana cara membuka rapat yang baik dan benar. Apa saja yang perlu disampaikan untuk membuka rapat?

Berikut ini akan disampaikan cara membuka rapat yang baik dan benar.

1. Mulai dengan salam dan sapa

Ucapkan salam pembuka. Bisa menggunakan salam sesuai agama dan keyakinan maupun salam umum seperti selamat pagi dan lainnya.

Sapalah para peserta rapat. Mulailah menyapa dari peserta yang kedudukannya lebih tinggi di akhiri dengan peserta biasa.

2. Mengeluarkan suara yang proporsional

Atur suara yang proporsional atau sedang. Tidak terlalu keras dan juga tidak terlalu lemah. Suara akan membuat pendengar memperhatikan pimpinan rapat.

3. Pandangan ke seluruh ruangan

Biasakan sejak awal memandang ke seluruh ruangan. Jangan terpaku pada satu sudut saja. Ini akan memberi kesan anda sangat percaya diri.

4. Sampaikan poin poin penting rapat

Menyampaikan poin penting rapat akan membantu para peserta lebih konsentrasi dan siap menyimak paparan.

5. Sampaikan aturan rapat

Sampaikan aturan untuk peserta rapat. Misalnya aturan mengacungkan jari ketika akan bertanya, ijin keluar ruangan, sampai penggunaan alat komunikasi dalam ruangan saat rapat.

Itulah cara membuka rapat yang baik dan benar yang bisa diterapkan oleh pemula yang akan memimpin rapat.

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar