Kamis, 18 April 2019

Cara Mudah Mengetahui Pesan Moral Cerita Naratif Maupun Fabel

| Kamis, 18 April 2019
Bagaimana cara mudah mengetahui pesan moral sebuah cerita baik itu cerita naratif maupun fabel? Ini merupakan pertanyaan yang sering diterima sekolahoke.com.

Menemukan pesan moral sebuah cerita tidak begitu sulit. Caranya sederhana dan bisa dipraktekkan dengan cepat.

Pertama, pesan moral ada di bagian akhir cerita pendek.

Untuk cerita pendek utamanya fabel, pesan moral biasanya disebutkan pada akhir cerita. Tentu saja dikarenakan cerita ini mempunyai sasaran pembaca yang masih dalam taraf belajar membaca cerita.

Kedua, pesan moral bisa ditemukan pada permasalahan dan pemecahannya dalam sepanjang cerita.

Pesan moral bisa ditemukan pada permasalahan yang dihadapi oleh tokoh cerita. Cara menemukannya adalah dengan mengidentifikasi masalah dalam cerita. Selanjutnya lihatlah bagaimana masalah tersebut diselesaikan. Maka, akan terbaca pesan moral tersebut.

Ketiga, pesan moral diketahui dari karakter tokoh.

Pesan moral bisa ditemukan dari karakter tokoh dalam cerita. Untuk mengetahui karakter tokoh harus dilihat bagaimana ia bersikap terhadap masalah, bagaimana ia berkata, dan bagaimana ia bergaul. Maka dengan begitu pesan moral tersirat akan ditemukan.

Perhatikan cerita pendek berikut ini. Bagaimana pesan moral yang kamu dapat?

“Wahai semut, hujan telah tiba jangan bersembunyi!” seru Ulu kepada semut yang sedang berusaha keras menghindari tetesan air hujan.
Semut menghela napas dan menatap Ulu dalam-dalam. “Ulu, aku tidak suka dengan hujan. Kamu lihat betapa mungilnya tubuhku? Air hujan akan menyeret dan menenggelamkanku ke kolam! Aku tidak bisa berenang sepertimu, makanya aku berteduh,” sahut Semut.
“Makanya Semut, kau harus berlatih berenang! Aku sejak berupa berudu sudah bisa berenang, masa kau tidak bisa? Berenang itu sangat mudah, julurkan saja kakimu,” Ulu menjulurkan kakinya, “dan tendang ke belakang seperti ini! Ups, maaf, kakimu kan pendek.” Sambil tertawa, Ulu melompat meninggalkan semut.
Semut hanya bisa menatap Ulu dengan kesal. Semut tidak dapat berenang karena ia berjalan.
Kita bisa simpulkan dari sikap tokoh utama yakni Ulu kepada semut. Terlihat Ulu suka menghina dan Ulu menjadi kesal karenanya. 

Kesimpulannya bagaimana?

Pesan moralnya adalah setiap makhluk Tuhan tidak sama. Mereka mempunyai keistimewaan masing-masing. Jadi tidak perlu menghina dan menganggap diri tinggi.

Demikian cara mudah mengetahui pesan moral cerita naratif dan fabel. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar