Sabtu, 29 Oktober 2011

Cara Mengajar Reading Discussion Text

| Sabtu, 29 Oktober 2011
Materi reading discussion text terdapat dalam silabus Bahasa Inggris untuk SMA/MA Kelas XII semester gasal. Sekolahoke.com akan menyajikan cara mengajar reading discussion text ini dengan cara sederhana dan menyenangkan untuk siswa.

Tujuan pembelajaran:

Pada akhir pembelajaran siswa dapat mendapatkan informasi detil tentang isi bacaan berbentuk discussion text dalam konteks kehidupan sehari-hari.

Prosedur pembelajaran:

1. Lakukan pemanasan sebelum pembelajaran, misalnya memainkan tebak gambar. Sesuaikan permainan dengan topik yang akan disampaikan.

2. Tanyakan kepada siswa beberapa pertanyaan untuk membuka topik. Misalnya, menanyakan kegiatan di sebuah gambar. Contoh: What is he doing? Is it dangerous?

3. Beri siswa sebuah teks discussion dengan beberapa vocabulary yang sudah dipersiapkan. Mintalah mereka mencari artinya berdasarkan konteks dalam bacaan. Jika siswa mengalami kesulitan, gunakan strategi menjodohkan atau pilihan ganda.

4. Mintalah siswa menjawab pertanyaan tentang isi bacaan.

5. Mintalah siswa melakukan interview tentang sebuah kejadian. Misalnya: pelanggaran lalu lintas yang sering terjadi seperti memakai helm. Buatlah tiga grup, yakni grup yang pro, kontra, dan grup pewawancara. Mintalah grup pewawancara untuk mewawancarai grup pro dan kontra secara bergantian dengan waktu yang ditentukan. Jika sudah selesai, grup berganti peran.

6. Siswa membuat laporan tertulis tentang hasil wawancara.

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar