Minggu, 09 Juni 2024

Contoh Bedanya Guru Mendidik atau Mengajar

| Minggu, 09 Juni 2024


Apa perbedaan guru sebagai pendidik atau pengajar?

Cara paling gampang memahami perbedaan guru mendidik atau mengajar adalah dengan memperhatikan contoh kegiatan guru di dalam kelas berikut ini.

Pertama

Pak Abimanyu masuk ke dalam kelas setelah bel pergantian pelajaran. Dia berdiri di depan kelas. Memperhatikan seluruh kelas. 

Kedua

Setelah siswanya tenang, Pak Abimanyu mulai berbicara dengan suara lantang tapi tidak berteriak.

Ketiga

Pak Abimanyu meminta siswa mempersiapkan buku pelajaran, alat tulis dan modul untuk pembelajaran hari ini. Dia berkeliling memastikan siswanya benar-benar siap dengan peralatannya.

Keempat

Pak Abimanyu di depan kelas memimpin doa untuk mulai pelajaran. 

Kelima

Pak Abimanyu menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan beberapa pertanyaan afirmasi serta memberi kegiatan awal yang mempersiapkan mental peserta didik untuk belajar dengan senang.

Keenam

Pak Abimanyu melaksanakan kegiatan belajar mengajar sesuai dengan rencana pembelajaran yang sudah dia susun.

Ketujuh

Pak Abimanyu menutup pembelajaran dengan doa.

Di langkah keberapa pak guru tersebut berperan sebagai pendidik dan pengajar?

Pada langkah pertama, kedua, ketiga, keempat, kelima dan ketujuh, Pak Abimanyu menerapkan perannya sebagai pendidik.

Pak Abimanyu melakukan usaha sadar dan terencana mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik aktif mengembangkan potensi dirinya agar memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta ketrampilan yang diperlukan dalam kehidupan sesuai dengan UU RI no 20 Tahun 2003.

Pak Abimanyu datang tepat waktu artinya beliau sedang mendidik prilaku disiplin dengan mencontohkan dirinya selalu datang tepat waktu.

Pak Abimanyu juga memeriksa kesiapan siswa sebelum pembelajaran dimulai artinya beliau mendidik disiplin peserta didik untuk mempersiapkan diri dengan baik sebelum belajar.

Pak Abimanyu juga memimpin doa yang artinya dia mendidik peserta didik untuk tidak lupa dengan kekuatan spiritual keagamaan.

Pak Abimanyu juga berbicara dengan jelas, lantang tapi tidak berteriak yang artinya beliau mendidik siswanya memiliki keterampilan publik speaking.

Sedangkan pada langkah kelima dan keenam, Pak Abimanyu berperan sebagai pengajar dimana dia melakukan proses penyampaian pengetahuan, informasi, dan keterampilan.

Demikian contoh bedanya guru mendidik dan mengajar.

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar