Selasa, 03 Desember 2019

Cara Menurunkan Berat Badan

| Selasa, 03 Desember 2019

Sejak Oktober 2019 hingga awal Desember 2019 ini berat saya sudah turun 9 Kg. Oktober lalu berat badan saya 68 Kg sekarang sudah berkisar 59 Kg.

Dengan tinggi badan yang hanya 160 Kg maka saya termasuk orang kegemukan. Makanya saya berniat menurunkan berat badan hingga ideal di angka 54 Kg berdasarkan Body Mass Index.

Apa yang saya lakukan hingga bisa menurunkan 9 Kg dalam waktu 2 bulan? Simak cara menurunkan berat badan yang saya lakukan.

Niat yang kuat

Saya berniat benar-benar menurunkan berat badan. Niatan ini sangat kuat sehingga saya rela mengurangi apa yang menjadi makanan kesukaan saya yang tidak sehat.

Karena begitu besar niat saya menurunkan berat badan membuat saya dengan tekun belajar dari youtuber, blogger, dan para dokter yang suka berbagi tips di dunia maya.

Menghitung kalori yang masuk ke tubuh

Secara umum laki-laki membutuhkan sekitar 2000 hingga 2500 kalori perharinya untuk hidup. Wanita lebih sedikit sekitar 2000 kalori saja. Tergantung dari banyaknya aktivitas harian dan umur sehingga membuat setiap orang berbeda-beda.

Untuk menurunkan berat badan secara bertahap maka saya harus mengurangi jumlah kalori yang masuk ke tubuh. Sehingga tubuh tidak banyak menyimpan cadangan energi berupa lemak.

Bagaimana supaya tahu jumlah kalori yang masuk ke tubuh? Silahkan cari menggunakan google jumlah kalori setiap makanan. Lalu mulailah berhitung. Sehari sudah berapa kalori yang dimasukkan ke dalam tubuh. Jika melebihi kalori harian maka dia akan tersimpan menjadi lemak. Inilah yang membuat berat badan menjadi naik.

Mengatur pola makan

Saya dahulunya makan tidak teratur. Kalau lagi enak makan bisa makan nasi 4 kali sehari. Itupun dalam satu piring penuh. Gak kebayang berapa kalori masuk.

Sekarang saya mengatur sedemikian rupa. Makan ketika lapar melanda. Saya mulai disiplin mengatur jam makan. Kalau sudah mendekati kalori harian saya akan berhenti makan.

Saya juga mengurangi gula dan makanan yang mengandung gula seperti nasi putih dan kue-kue. Walau tidak total. Saya masih sekali-kali makan nasi maksimal 6 sendok.

Olahraga ringan

Saya termasuk orang malas berolahraga. Tapi karena ingin berat badan turun, saya berusaha berolahraga ringan. Saya rutin melakukan peregangan setiap pagi atau sore. Saya juga mulai rajin berjalan keliling kompleks setiap ada kesempatan.

Itulah cara saya menurunkan saya menurunkan berat badan. Mudah-mudahan menjadi inspirasi bagi anda yang ingin menurunkan berat badan.

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar