Cara Belajar Yang Baik dan Benar Untuk Persiapan Ujian

Ujian tinggal hitungan hari. Tapi kok belum ada persiapan sama sekali. Wah, bisa-bisa nilai hancur lebur alias banyak yang di bawah KKM. Teman yang lain santai ikut Class Meeting, kita sibuk mengerjakan soal ujian perbaikan.

Agar hasil ujian memuaskan perlu adanya persiapan. Ibarat mau perang, maka senjata harus dipersiapkan dulu. Yang tumpul perlu diasah biar tajam lagi. Apa saja persiapan belajar untuk menghadapi ujian? Berikut ini adalah cara belajar yang baik dan benar untuk persiapan ujian.

Rajin mengulang pelajaran

Otak butuh sesuatu yang berkesan untuk mengingat. Jika sesuatu diulang-ulang, otak akan mudah merespon dan memudah memanggil memori yang tersimpan di dalamnya.

Mengulang pelajaran cukup 2 jam saja

Waktu yang dibutuhkan otak untuk berkonsentrasi berbeda antara orang yang satu dengan yang lain. Rata-rata orang butuh waktu 2 jam untuk mengulang pelajaran. Karena lebih dari waktu tersebut, otak mulai jenuh dan tak bisa berkonsentrasi lagi.

Memilih waktu yang tepat

Waktu yang tepat untuk belajar adalah sekitar jam 6 malam. Jam ini energi yang digunakan seharian sudah pulih. Bisa juga sebelum tidur misalnya jam 9 malam. Atau setelah bangun pada pukul 4 pagi. Jam pagi hari sangat baik untuk mengulang pelajaran karena otak masih segar.

Mengatur pelajaran yang akan dipelajari

Dalam waktu dua jam belajar, apa saja yang akan dipelajari. Tentukan berapa pelajaran yang akan ditelaah. Misalnya 2 pelajaran. Siapkan bukunya dan jangan buka buku lainnya. Jika terlalu banyak juga tak baik untuk konsentrasi dan daya tampung otak.

Pilih suasana yang sesuai dengan mood

Memilih suasana yang sesuai dengan keinginan akan membantu konsentrasi dan kesenangan belajar. Ada orang yang suka belajar dengan iringan musik. Ada yang suka belajar di tempat terbuka. Ada juga yang suka belajar di atas atap genting. Itu semua bisa dilakukan asalkan tidak mengganggu kegiatan belajar. Sebaiknya menghindari belajar sambil nonton TV atau makan. Karena kegiatan ini akan memecah konsentrasi dan belajar menjadi tidak efektif.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Copyright (c) 2010-2016. sekolahoke.com