Selasa, 04 Desember 2012

Apa Isi Kurikulum 2013?

Perubahan dari KTSP menjadi Kurikulum baru 2013 menjadi topik hangat di dunia pendidikan saat ini. Pemberitaan via online maupun offline semakin gencar, mengingat kurikulum ini akan menentukan nasib dan wajah pendidikan Indonesia.

Kira-kira seperti apa Kurikulum 2013 itu? Apakah akan banyak hal baru dan perombakan besar-besaran dari KTSP yang dipakai sejak tahun 2006?

Menurut Kementrian Pendidikan dan Kebudayaa, inti Kurikulum 2013 adalah upaya penyederhanaan, dan tematik integratif. (sumber: kemendikbud.go.id)

Kurikulum 2013 menitikberatkan terhadap tujuan untuk mendorong peserta didik atau siswa, mampu lebih baik dalam melakukan observasi, bertanya, bernalar, dan mengkomunikasikan (mempresentasikan) apa yang mereka peroleh setelah menerima materi pelajaran. Kurikulum ini juga mempunyai objek yang lebih menekankan kepada fenomena alam, sosial, budaya dan kesenian.

Mari kita menunggu seperti apa dan bagaimana Kurikulum 2013 yang konon untuk menjawab tantangan jaman ini. Saat ini telah dilakukan uji publik untuk membenahi kekurangan dan mendapat masukan dari masyarakat. Dan pada akhirnya akan disahkan menjadi kurikulum resmi.

Ingin tahu isi Kurikulum 2013 selengkapnya? Download Draft Kurikulum 2013 disini

Ada Mata Pelajaran yang dihilangkan dalam Kurikulum 2013. Apa Itu? Baca selengkapnya: Mata Pelajaran yang Dihilangkan dalam Kurikulum 2013.

Baca artikel lainnya



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar