Tips Mengarang Dalam Bahasa Inggris

Tips mengarang menggunakan Bahasa Inggris (sekolaoke.com). Apakah kamu merasa kesulitan untuk mengarang menggunakan Bahasa Inggris? Simak tips dari sekolahoke.com berikut ini:

Tentukan topik karangan

Topik karangan adalah hal mendasar dalam merangkai kalimat menjadi sebuah paragraf. Topik ibarat pondasi awal untuk karangan. Jika topik sudah jelas, maka karangan akan cepat terselesaikan dan mudah mengalirkan ide. Misalnya topik tentang pendidikan, kesehatan, margasatwa atau keluarga. 

Buatlah draft karangan

Draft adalah garis-garis besar untuk menyusun sebuah karangan. Tulislah draft berdasarkan hal inti yang akan disampaikan dalam karangan. Tulis dalam Bahasa Indonesia terlebih dahulu kemudian terjemahkan ke dalam Bahasa Inggris.

Kembangkan draft karangan

Dari draft yang sudah kita buat tadi, saatnya mengembangkan menjadi paragraf. Atur sehingga tiap paragraf hanya ada satu pokok pikiran. Tambahkan 3 hingga 4 kalimat untuk menunjang pokok pikiran. Prosesnya bisa menggunakan Bahasa Indonesia terlebih dahulu baru kemudian diterjemahkan ke dalam Bahasa Inggris.

Lakukan proses editing

Setelah karangan selesai, maka kita perlu mengedit karangan yang telah kita buat. Buat kata atau kalimat yang tidak perlu. Periksa grammar dan ejaan sehingga tidak membingungkan orang. Semakin mudah dimengerti sebuah tulisan, maka pesan mudah tersampaikan.

Mengarang Bahasa Inggris memerlukan energi lebih karena kita harus berpikir dua kali. Berpikir tentang ide yang akan ditulis dan bagaimana menyampaikannya dalam Bahasa Inggris.

Satu hal yang perlu diingat, mengarang Bahasa Inggris tidak bisa dilakukan sekali jalan. Kita harus berlatih terus untuk mengasah kemampuan menuangkan ide dan menyampaikannya dalam Bahasa Inggris. Semakin sering berlatih, maka semakin cepat kita merampungkan satu karya dalam Bahasa Inggris.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Copyright (c) 2010-2016. sekolahoke.com