Sabtu, 20 Oktober 2012

Cara Membuat Recount Text

Apakah kamu sudah tahu maksud dari Recount text? Recount text adalah text yang berfungsi menceritakan kembali pengalaman seseorang secara berurutan.

Recount text mempunyai 3 bagian dalam tubuhnya. Bagian pertama terletak di bagian awal disebut Orientation. Bagian kedua disebut Event yakni kejadian berurutan dalam cerita. Event bisa satu bisa lebih dari satu. Bagian akhir disebut Reorientation. Bagian ini adalah bagian penutup dari cerita yang disampaikan pengarang.

Apa saja yang termasuk Recount Text? Yang termasuk Recount text antara lain diary, laporan perjalanan, auto biografi, dan biografi.

Bagaimana cara membuat Recount Text? Mudah dan tidak report. Yang pertama perlu kamu siapkan adalah pengalaman. Bisa pengalaman hari kemarin, sebulan lalu, atau setahun yang lalu.

Tulislah di bagian awal dari cerita tentang diri orang yang akan diceritakan. Boleh kamu sendiri atau orang lain yang akan diceritakan. Sebutkan setting waktu dan tempat kejadian. Semakin detil semakin baik.

Tulislah peristiwa-peristiwa secara berurutan. Usahakan setiap peristiwa dituliskan dalam satu paragraf. Kalimat utama disokong dengan 2 atau lebih kalimat untuk memperjelas dan memperindah cerita. 

Tutuplah cerita dengan menyebutkan kejadian akhir dari rangkaian cerita yang dibuat.

Perlu diingat, recount text bukan fiksi. Recount text merupakan karangan non fiksi. Jadi, keseluruhan cerita adalah murni pengalaman pengarang cerita atau orang lain yang diceritakan.

Baca contoh teks recount di bawah ini:


Baca artikel lainnya



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar