Cara Membuat News Item Text

Bagaimana cara membuat news item text? Sebelum kita bahasa lebih lanjut cara membuatnya, sebaiknya kita pahami dulu apa yang dimaksud dengan news item text.

News item text adalah teks yang berfungsi mengabarkan sebuah berita yang bernilai kepada pembaca. Pengertian selengkapnya bisa anda baca di postingan: Pengertian News Item Text

Bagaimana menyusun News Item text? Simak langkah-langkahnya secara detil berikut ini:
  1. Tentukan berita yang akan disampaikan. Sebaiknya berita yang sedang hangat atau aktual di masyarakat. Semakin hangat semakin bagus.
  2. Tulislah inti berita di bagian awal dari naskah yang akan anda tulis. Ini berguna untuk membuat pembaca fokus dan ingin membaca lebih lanjut.
  3. Tuliskan isi berita dengan 5 W + 1 H. Maksudnya, beritanya tentang apa, kapan, dimana, dan mengapa terjadi demikian. Tulislah prosesnya dengan detil.
  4. Tuliskan narasumber berita. Bisa juga melalui saksi mata kejadian. Misalnya ada bencana kebakaran di sebuah perkampungan, tuliskan wawancara dengan salah satu warga yang melihat awal mula kejadian. 
Setelah draft berita siap, mulailah merangkai. Karena News Item Text adalah naskah menggunakan Bahasa Inggris, anda bisa memilih salah satu dari dua opsi ini. Menggunakan Bahasa Indonesia terlebih dahulu kemudian translasi ke Bahasa Inggris, atau langsung menggunakan Bahasa Inggris.

Bagian akhir adalah editing. Naskah yang sudah dibuat jangan langsung di publish. Perlu dilakukan cek ulang. Cek ulang bisa fokus pada ejaan, kalimat fungsional, dan bisa juga isi berita layak atau tidak layak dibaca orang.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Copyright (c) 2010-2016. sekolahoke.com