Cara Mengajar Present Perfect Menggunakan Since dan For

Cara mengajar grammar Present Perfect menggunakan keterangan Since dan For bisa dilakukan sambil praktek. Tanpa perlu banyak teori, caranya adalah sebagai berikut:

1. Review Present Perfect. Jika siswa masih belum kenal Present Perfect gunakan teknik mengajar grammar Present Perfect. Simak caranya dalam postingan: Cara Mengajar Present Perfect.

2. Mintalah siswa menuliskan kegiatan orang sehari-hari. Pakailah teknik brainstorming dengan mengisi Bubble di papan tulis atau membuat daftar berderet ke bawah. Tuliskan hingga ada 10 kegiatan.

3. Tuliskan percakapan sederhana di papan tulis tanpa menghapus daftar kegiatan yang ada. 
Contoh percakapan:
A: Have you ever .....?
B: Yes, I do/ No, I don't
A: How long have you ....?
B: I have .... since/for ....

4. Beri penjelasan sedikit tentang penggunaan since dan for. Jelaskan kepada siswa bahwa mereka akan praktek bercakap-cakap menggunakan percakapan tersebut. Jika teman yang ditanya menjawab "Yes, I have", maka pertanyaan dilanjutkan ke pertanyaan "How long have you ...?

5. Minta siswa berdiri berhadap-hadapan. Jika ada 6 siswa, 3 siswa membelakangi papan tulis, 3 siswa lainnya berdiri di hadapan mereka, menghadap papan tulis.

6. Mulailah percakapan dengan siswa A bertanya kepada siswa B.

7. Jika sepuluh pertanyaan sudah diajukan, mereka bertukar posisi. A menjadi B, dan sebaliknya B menjadi A.

Guru bertugas memonitor aktifitas. Memeriksa adanya error dalam bahasa yang dipakai siswa. Jika siswa berjumlah ganjil, guru masuk menjadi bagian permainan.

Di akhir interview, Minta siswa menyebutkan hasil wawancara. Kemudian lakukan pembetulan kesalahan dan eror bahasa yang dipakai siswa.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Copyright (c) 2010-2016. sekolahoke.com