Kamis, 05 Januari 2012

Permainan Seru Untuk Melatih Kerjasama Kelompok

Permainan ini saya dapat ketika mengikuti sebuah orientasi pengenalan sekolah terhadap siswa di salah satu sekolah di Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur.

Nama permainannya adalah balap perahu. Bukan perahu beneran. Perahunya hanyalah berupa lembaran koran yang dinaiki oleh beberapa orang secara bersama-sama.

Cara bermainnya sangat mudah. Inilah langkah-langkah permainan seru perahu koran:
  1. Persiapkan 2 lembar koran untuk satu kelompok. Jika ada 3 kelompok, sediakan 6 lembar koran.
  2. Bagilah para peserta menjadi beberapa kelompok. Bisa dua atau tiga kelompok. Satu kelompok maksimal 5 orang. Minimal 2 orang.
  3. Tentukan garis start dan finish.
  4. Buatlah koran berjajar.
  5. Mintalah semua kelompok berdiri di garis start.
  6. Jelaskan aturan permainan: Setiap kelompok akan bergerak ke garis finish. Syaratnya mereka harus sampai disana dengan menaiki perahu koran secara bersama-sama. Satu kelompok menggunakan 2 perahu koran, yakni koran A dan B. Pertama kali semua anggota kelompok naik ke koran A. Kemudian pindah ke koran B. Setelah semua anggota naik ke koran B, koran A boleh dipindahkan lebih dekat ke garis finish. Berikutnya, sama seperti langkah awal, semua anggota kelompok pindah ke koran A. Begitu seterusnya sampai mencapai garis finish. Perlu diingat, tidak boleh ada yang keluar dari perahu koran. Kalau ada yang keluar, maka harus kembali ke perahu koran sebelumnya.
Permainan ini cukup seru dan menggugah kerjasama antar anggota kelompok. Kerjasama terlihat saat mereka menaiki satu koran dan bertahan supaya tidak jatuh.

Filosofi dari permainan ini adalah bagaimana berbagi sesuatu yang kecil agar bisa dirasakan bersama. Para peserta dilatih bagaimana untuk solider dan merasakan susah senang bersama.

Baca artikel lainnya



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar