Rabu, 14 September 2011

Game Seru Pelajaran Bahasa Inggris > Bingo Game Untuk Tema Alat Elektonik

| Rabu, 14 September 2011
Memainkan game sebelum memulai pembelajaran di kelas sangat berguna mempersiapkan mental siswa. Selain itu game juga bermanfaat menciptakan lingkungan yang nyaman dan menyenangkan bagi siswa. Dengan lingkungan yang nyaman dan menyenangkan, kemungkinan besar, tujuan pembelajaran bisa dicapai.

Kali ini Sekolahoke.com berbagi permainan seru untuk pelajaran bahasa Inggris. Nama permainan ini adalah Bingo Game Electronic Appliances. Game ini khusus dimainkan untuk tema Electronic Appliances (Peralatan Elektronik) kelas IX SMP/MTs.

Ikuti langkah-langkah memainkan Bingo Game untuk tema Alat Elektrnonik berikut ini:
  • Buatlah Spider Diagram di papan tulis dengan lingkaran berbentuk oval sebanyak 16 buah.

Spider Diagram
  • Mintalah siswa mengisi 16 lingkaran itu dengan nama alat elektronik secara bergiliran. Pakailah daftar absensi untuk memanggil siswa.
  • Setelah selesai, koreksilah jawaban siswa. Kemungkinan ada salah ejaan dan kesalahan memasukkan alat yang bukan elektronik.
  • Mintalah siswa membuat tabel dengan jumlah kotak sebanyak 16 buah.















  
  • Mintalah siswa mengisi tabel dengan nama alat elektronik yang tertera dalam spider diagram.
  • Bacalah peraturan permainan. Aturan permainan: Guru akan membaca nama benda-benda dalam diagram satu persatu. Setiap guru selesai menyebutkan 1 nama alat elektronik, berilah tanda silang pada kata tersebut. Jika terdapat 4 kata yang disilang dalam posisi lurus, ucapkan "Bingo!"
 X
X
X
X

 X

 X


 X
 X



 X
  • Mulailah permainan dengan menyebutkan 4 nama alat elektronik dalam spider diagram. Jika belum ada yang mengucapkan "Bingo!" tambah satu kata lagi. Begitu seterusnya.
  • Berilah hadiah kecil bagi siswa yang mengucapkan "Bingo!." Periksa apakah memang kata yang disilang adalah kata yang diucapkan guru.
Tema yang lain bisa anda temukan di postingan Bermain kosakata dengan Bingo Game
    Salam, Fadli Eha ~ Sekolahoke.com

    Related Posts

    3 komentar:

    1. Game yang cukup asyik kayaknya pak. ijin copas ya ...

      BalasHapus
    2. silahkan Mr. Emmas. Kalau sudah diterapkan bisa di share pengalamannya disini

      BalasHapus