Rabu, 14 September 2011

Bedanya Kata Sapaan Mr., Mrs., Miss dan Ms

Dalam kehidupan sehari-hari, kita menyapa orang lain dengan kata sapaan. Kata sapaan tersebut misalnya bapak, tuan, pak, ibu, nyonya, nona, dan lain sebagainya. 

Bahasa Inggris juga mempunyai kata sapaan. Kata sapaan dalam bahasa Inggris contohnya Mr., Mrs., Miss, dan Ms. Apa perbedaan dari keempat kata sapaan ini? Mari kita simak.

Mr. (baca: miste:) - Tuan, Pak.
Kata sapaan ini digunakan untuk laki-laki. Kata sapaan ini diletakkan di depan nama keluarga. Contoh: Mr. Smith. 

Menurut budaya orang Inggris, Mr. hanya digunakan untuk menyapa seorang guru atau dosen, atau orang yang memiliki jabatan terhormat. Jika sudah saling mengenal, biasanya mereka langsung menyebut nama walaupun lebih tua.

Mrs. (baca: misez) - Nyonya.
Kata sapaan untuk wanita yang sudah menikah. Kata sapaan ini diletakkan di depan nama keluarga. Contoh: Mrs. Smith. 

Sama seperti kata sapaan Mr., Mrs. digunakan untuk menyapa guru atau dosen, atau orang yang memiliki jabatan terhormat. Jika sudah saling mengenal, biasanya orang Inggris langsung menyebut nama.

Miss (baca: mis) - Nona.
Kata sapaan untuk orang yang belum menikah. Kata sapaan ini diletakkan di depan nama keluarga. Contoh: Hi, miss Rina. How are you doing?

Ms (baca: mes) - Nyonya, Nona.
Kata sapaan untuk wanita yang sudah menikah maupun yang belum. Kata sapaan ini diletakkan di depan nama keluarga. Bentuk sapaan Ms sering digunakan untuk menyembunyikan status perkawinan atau menyapa orang yang baru bertemu dan belum tahu statusnya. Contoh: Call me Ms. Wayne.


Referensi:
Kamus Sinonim Praktis - Silvester GS

Baca artikel lainnya



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar