Contoh Penggunaan Kalimat Past Tense

Simple Past Tense berfungsi untuk menceritakan kejadian yang sudah lampau. Kejadian yang sudah lampau tersebut misalnya kejadian beberapa tahun yang lalu, setahun yang lalu, sebulan yang lalu, seminggu yang lalu, dua hari yang lalu, kemarin, tadi pagi, dan beberapa saat yang lalu.

Pola kalimat Simple Past Tense adalah Subyek + Kata Kerja 2 untuk kalimat verbal, dan Subyek + Kata Bantu +  Pelengkap untuk kalimat nominal.

Kalimat Simple Past Tense banyak digunakan dalam karangan berbentuk Recount dan Narrative. Contoh karangan Recount antara lain: laporan perjalanan, biografi, dan catatan harian (diary). Adapun contoh Narrative antara lain: cerita rakyat, legenda, fabel, dongeng dan cerita sejarah. Novel dan roman juga dimasukkan ke dalam kategori Narrative karena tokoh fiktif di dalamnya.

Tak lengkap rasanya kalau tidak melihat contoh langsung kalimat Past Tense tersebut. Berikut ini penyajian kalimat Past Tense dalam sebuah karangan singkat berbentuk teks recount dengan kategori catatan harian (diary).

My Diary

Sunday, 21 August 2011

This morning I was in Bondowoso. I spent whole day reading some books, watching TV and surfing the internet. After Maghrib, I went back to Jember. That was tiring.

Contoh teks berisi kalimat Past Tense bisa ditemukan di kolom Bahasa Inggris - Reading.

Salam Fadli Eha - Sekolahoke.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Copyright (c) 2010-2016. sekolahoke.com