Tips Meminimalisir Sifat Lupa

"Aduh! Kemana kunci motor ya? Padahal ku ada rapat 10 menit lagi. Ah, Sialan! Siapa yang nyembunyiin siiih!" keluh Pak Tarno suatu hari. Dia kebingungan dan mondar-mandir, mengobrak abrik laci dan isi tasnya. Tapi yang dicari tidak ketemu. Akhirnya istrinya ikut mencari dan menemukan kunci motornya di dalam kamar mandi. Pak Tarno tersenyum kecut karena ia ingat kalau tadi mandi dia letakkan kunci di tempat sabun yang ia ambil dari kantong celananya.

Kejadian seperti ini tidak perlu dialami jika Pak Tarno menerapkan tips meminimalisir sifat lupa berikut ini:

Meletakkan barang pada tempatnya.
Ada baiknya kita mempunyai tempat khusus untuk barang-barang kecil semisal kunci, jam tangan, dan handphone. Perlu diingat, kita harus disiplin meletakkan barang-barang tersebut ke dalam tempat tersebut.

Membuat daftar inventaris barang
Tips ini memang terkesan terlalu formil dan rumit, namun manfaatnya sangat besar. Dengan adanya daftar inventaris, kita bisa memeriksa kelengkapan benda-benda dalam ruangan. Selain itu daftar ini juga memudahkan kita mencari barang yang kita perlukan sewaktu-waktu.

Melakukan perawatan berkala
Perawatan ini dimaksudkan untuk mengetahui kondisi suatu barang yang kita miliki. Semisal mesin ketik tua yang lama tak tersentuh karena sudah ada komputer, atau catridge yang lama tak dibuka, perlu ada waktu khusus untuk diperiksa. Sediakan waktu di akhir pekan sehingga benda-benda tersebut nyaman dipakai saat dibutuhkan

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Copyright (c) 2010-2016. sekolahoke.com