Minggu, 02 Januari 2011

Spoof Text: The Brain Bank

| Minggu, 02 Januari 2011
Salah satu jenis teks yang dipelajari di sekolah menengah atas adalah teks berbentuk spoof. Teks ini biasanya pendek dan diakhiri dengan kejadian yang unik dan lucu. Untuk mengetahui fungsi dan bagian dari teks spoof, mari kita amati teks berikut.
__________________________________________________
The Brain Bank
It seems there was a woman who received some bad news. Her husband had been in an automobile accident and was brain dead. The doctor told her some good news, though. They had perfected their brain transplant technique and that she was lucky there were three fresh brains in the brain bank from which to choose.
A large explosion had killed a firefighter, a captain and a chief. Having insurance, she requested the cost for each of the brains. The firefighter’s brain was $10,000, the captain’s brain was $50,000 and the chief was a MILLION DOLLARS! Curious, she asked why the chief’s brain was so much more expensive.

The reply.... you see the chief’s brain has never been used!
__________________________________________________


Dari cerita diatas kita tahu bahwa Spoof adalah sejenis cerita yang diakhiri dengan hal yang tak disangka-sangka dan terkesan lucu. Hampir serupa dengan teks Recount yang menceritakan suatu kejadian tertentu. Bedanya, Spoof diiringi dengan kejutan tak terduga di akhir cerita.

Untuk membuat teks Spoof maka rencanakanlah draft cerita sebagai berikut:
Orientation: Bagian ini berisi pengenalan tokoh, waktu dan tempat kejadian yang akan disajikan.
Events: Bagian ini dituliskan kejadian-kejadian secara berurutan. Kejadian-kejadiannya boleh lebih dari satu agar cerita menjadi lebih menarik.
Twist: Bagian ini adalah akhir cerita yang tak terduga serta harus unik dan lucu.

Fungsi dari menulis karangan model spoof adalah untuk menghibur pembaca (to entertain or amuse readers) serupa dengan menulis karangan model narrative.

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar