Selasa, 11 Juni 2019

Cara Menjadi Anak yang Baik, Soleh dan Solehah

| Selasa, 11 Juni 2019
Artikel ini dibuat untuk putra putri bangsa yang ingin menjadi anak yang baik, soleh dan solehah dan bisa dibanggakan orang tua.

Apa saja kriteria anak yang baik? Anak baik itu memiliki kriteria sebagai berikut:

Menjunjung tinggi rasa hormat

Cara pertama untuk menjadi anak yang baik adalah menjunjung tinggi rasa hormat kepada orang tua.

Hormat pada orang tua bisa dengan membuat hatinya senang. Menurut ketika diperintah. Tidak suka membantah atau mendebat orang tua.

Hormat pada orang tua dengan mendahulukan beliau. Misalnya ketika diajak makan, maka orang tua yang mengambil terlebih dahulu atau meminta orang tua untuk memulai.

Menjaga sopan santun

Cara kedua untuk menjadi anak yang baik bahkan soleh dan solehah adalah dengan menjaga sopan santun kepada orang tua.

Sopan santun adalah akhlak yang mulia dan akan diingat orang sepanjang masa. Anak yang baik akan selalu menjaga sopan santun.

Cara menjaga sopan santun adalah dengan berkata lemah lembut. Tidak membentak dan berteriak. Menggunakan bahasa yang tidak kasar.

Ringan tangan

Cara ketiga untuk menjadi anak yang baik, soleh dan solehah adalah dengan ringan tangan membantu orang tua.

Ringan tangan artinya suka membantu orang tua. Tidak perlu disuruh untuk melakukan tugas-tugas di rumah. Contoh sederhana adalah menyapu rumah dan mencuci piring sehabis makan.

3 kriteria di atas sudah cukup untuk menjadi anak yang baik, soleh dan solehah. Tidak sulit bukan? Mari mulai saat ini menjadi anak yang baik agar bisa dibanggakan orang tua.

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar