Minggu, 26 Mei 2019

Cara Menguji dan Menilai Listening Skills Bahasa Inggris

| Minggu, 26 Mei 2019
Listening skills termasuk receptive skills yakni skills yang berdasarkan pemahaman dan pengalaman yang dimiliki oleh siswa.

Untuk mengetahui kemampuan listening dari siswa maka perlu diadakan pengujian dan penilaian. Bagaimana cara guru menguji dan menilai listening skills dari siswanya? Simak langkahnya berikut ini.

Pertama tentukan dulu apa yang akan diuji dari listening skills siswa tersebut. Tentukan tujuan dengan tepat seperti setelah mendengar teks lisan siswa mampu menyusun daftar menu, menceritakan kembali, menyimpulkan isi pesan, menjawab pertanyaan detil tentang teks lisan tersebut, mengurutkan permintaan teks lisan, menunjukkan gambar yang tepat, atau memprediksi apa yang akan dilakukan pembicara dalam teks lisan tersebut.

Setelah tujuan pengujian dilakukan maka dilakukanlah tes dengan memperdengarkan teks lisan tersebut kepada sisw target.

Jawaban yang diperoleh dinilai menggunakan scoring dan rubrik penilaian. Contoh sederhana scoring adalah menggunakan skala misalnya 1 sampai 5. Nilai 5 jika jawaban tepat, nilai 4 jika jawaban tepat sebagian, nilai 3 jawaban mendekati tepat, nilai 2 jawaban kurang tepat, dan nilai 1 untuk jawaban yang salah.

Setelah semua soal dikoreksi hitunglah jumlah nilai untuk mengetahui kemampuan listening skills dari siswa tersebut.

Baca juga:

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar