Apa Perbedaan UH, UTS, UAS, UKK, USBN, UN?

Di sekolah akan dijumpai beberapa ujian. Ada yang namanya Ulangan Harian (UH), Ulangan Tengah Semester (UTS), Ulangan Akhir Semester (UAS), Ujian Kenaikan Kelas (UKK), Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN), dan Ujian Nasional (UN).

Setiap ujian tersebut memiliki perbedaan. Perbedaanya terdiri dari segi waktu, mata pelajaran, dan kelas.

Ulangan Harian (UH) adalah ujian yang dilakukan untuk menilai kemampuan siswa berdasarkan satu atau lebih kompetensi pembelajaran. Setiap selesai pembelajaran kompetensi maka siswa akan diuji oleh guru untuk mengetahui seberapa daya serap materi.

Ulangan Tengah Semester (UTS) adalah ujian yang dilakukan pada pertengahan semester. Ujian ini hakikatnya sama dengan UH hanya saja waktunya pada pertengahan semester. UTS merupakan ujian gabungan dari beberapa kompetensi yang telah dipelajari.

Ulangan Akhir Semester (UAS) adalah ujian yang dilakukan setiap akhir semester. Waktunya pada semester ganjil yaitu pada bulan Desember. Khusus kelas tingkat akhir dilaksanakan sekitar bulan Februari.

Ujian Kenaikan Kelas (UKK) adalah ujian yang dilakukan untuk kenaikan kelas. Ini dilaksanakan pada akhir semester genap.

Ujian Sekolah Berbasis Nasional (USBN) adalah ujian untuk mengetahui daya serap selama tiga tahun. Maka materi USBN adalah gabungan dari kelas 1 hingga kelas 3. Mata pelajaran USBN untuk tahun 2018 adalah semua mata pelajaran tanpa terkecuali.

Ujian Nasional (UN) adalah ujian akhir di tingkat terakhir jenjang sekolah. Ujian Nasional pada awalnya digunakan sebagai penentu kelulusan siswa. Namun beberapa tahun belakangan UN hanya digunakan sebagai pemetaan kemampuan siswa secara nasional. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Copyright (c) 2010-2018. sekolahoke.com