Bagaimana Menyelenggarakan MOS yang Baik?

Setiap awal tahun ajaran, peserta didik mendapat Masa Orientasi Siswa (MOS). Masa pengenalan ini sedikitnya diadakan selama 3 hari sesuai edaran dari kementrian pendidikan.

Pelaksanaan MOS dilakukan untuk memperkenalkan lingkungan pendidikan kepada peserta didik baru baik di tingkat SMP maupun SMA.

Materi MOS mencakup sekolah sebagai wiyata mandala, strategi pembelajaran di sekolah, dan beberapa materi hiburan yang dirangkum dalam Out Bound pada hari terakhir.

Apa saja yang harus dilakukan panitia agar pelaksanaan MOS bisa berjalan dengan baik?

Mempersiapkan materi dan pemateri

Materi MOS harus dipersiapkan sebelum pelaksanaan seperti fotokopi materi untuk peserta dan media yang diperlukan oleh pemateri.

Pemateri MOS harus sudah dihubungi sebelum jam bagiannya. Perlu juga disediakan pemateri cadangan untuk mengantisipasi jika ada pemateri yang berhalangan.

Menempatkan panitia pendamping kelas

Di setiap kelas sebaiknya ditempatkan panitia pendamping. Panitia pendamping ini bertugas memandu peserta MOS di setiap kegiatan.

Panitia pendamping ini bisa satu orang atau lebih. Tergantung kapasitas peserta didik di kelas.

Menghindari bullying

Panitia mengontrol kegiatan MOS dan menghindari terjadinya bullying. Tindakan bullying seperti mencemooh peserta didik baru sudah bukan jamannya lagi. Contoh paling sederhana dari tindakan bullying adalah memberi julukan berdasarkan bentuk fisik peserta didik baru.

Menghindari hukuman fisik

Hukuman fisik seringkali ada di setiap pelaksanaan MOS. Panitia melakukan hukuman ini karena menganggap peserta didik melakukan pelanggaran.

Hukuman fisik sudah seharusnya ditinggalkan. Selain menimbulkan trauma, hukuman fisik juga mengarah kepada kekerasan.

 Baca juga: Contoh Hukuman Bukan Fisik MOS

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Copyright (c) 2010-2016. sekolahoke.com