Bagaimana Cara Mengajar Speaking Dengan Jumlah Siswa Sangat Banyak?

Bagaimana saya bisa mengajar siswa dengan jumlah siswa yang sangat banyak? Ini adalah keluhan dari para guru Bahasa Inggris yang menghadapi kelas besar yang hampir 40 siswa bahkan lebih.

Saya ingin berbagi dengan anda. Saya adalah pengajar di salah satu sekolah negeri di kota Jember. Setiap harinya saya menghadapi sekitar 40 anak di satu kelas.

Bagaimana strategi saya menghadapi anak yang jumlahnya banyak dan semuanya belum tentu berminat dengan pelajaran Bahasa Inggris? 

Jumlah siswa yang sangat banyak akan terasa pada pembelajaran speaking. Kita tidak akan bisa menilai siswa secara keseluruhan. Jikapun diperhatikan satu persatu, maka akan memakan waktu yang cukup lama.

Solusi yang saya tawarkan adalah menggunakan metode demonstrasi sederhana dengan kelompok. Simak caranya berikut ini:
  1. Bagi siswa menjadi 4 kelompok terdiri atas 10 anak.
  2. Satu anggota tiap kelompok harus menyiapkan beberapa pertanyaan berdasarkan topik yang sedang dibahas. Misalnya topik asking and giving service, maka siswa menulis 5 permintaan yang akan dilakukan oleh kelompok dua.
  3. Setelah selesai menyiapkan permintaan,  kelompok 1 berdiri berjajar di depan kelas. Kelompok 2 berdiri berjajar menghadap kelompok 1. Sehingga siswa berhadapan 1 lawan 1.
  4. Kelompok 2 akan melakukan praktek sesuai permintaan kelompok 1. Tiap orang di kelompok 1 menilai apa yang dilakukan lawan mainnya. Jika benar 1 diberi poin 1.
  5. Lanjutkan dengan kelompok 2 menjadi pemberi perintah kepada kelompok 3, kelompok 3 kepada kelompok 4, dan kelompok 4 menilai kelompok 1.
  6. Jika semua selesai, tanyakan poin masing-masing siswa.
Pembelajaran model seperti ini akan sedikit membuat kelas menjadi gaduh. Tapi tetap dalam proses pembelajaran Bahasa Inggris. 

Selain itu siswa merasa senang karena dia bebas memberi perintah dan merasa diberi tanggung jawab dalam proses pembelajaran.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Copyright (c) 2010-2016. sekolahoke.com