Darimana Memulai Belajar Bahasa Inggris Yang Benar?

Bagaimana cara memulai mempelajari Bahasa Inggris? Ungkapan kebingungan ini disampaikan salah seorang murid saya di SMP tempat saya mengajar. Dia bertanya demikian karena merasa tidak menguasai Bahasa Inggris padahal ujian nasional tinggal beberapa bulan lagi.

Saran saya cukup sederhana dan mudah diterapkan. Saran ini juga berlaku bagi kamu yang merasa kesulitan menguasai Bahasa Inggris.
  1. Mempelajari ungkapan sehari-hari. Pelajari kalau perlu hafalkan ekspresi yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya cara menyapa orang, cara meminta dan memberi informasi dan ungkapan lainnya.
  2. Mempelajari kosakata yang digunakan sehari-hari. Cobalah mempelajari kata kerja terlebih dahulu. Dihafalkan dan dipraktekkan. Nanti akan hafal diluar kepala. Kata kerja adalah dasar dari percakapan sehari-hari. Hafal banyak maka pengetahuan dasar Bahasa Inggris akan mudah diperoleh.
  3. Perbanyak perbendaharaan kata dengan membaca novel atau majalah berbahasa Inggris. Tentu saja harus menyediakan kamus setiap membacanya.
  4. Berlatih membaca cepat, memahami teks dengan menjawab pertanyaan Bahasa Inggris..

2 komentar:

  1. Sekedar tambahan pak :
    1. Latih lidah kita dengan sekedar membaca teks berbahasa Inggris secara berulang-ulang.
    2. Berpikirlah dalam bahasa Inggris.

    BalasHapus
  2. Terimakasih tambahannya Masruchi. Salam

    BalasHapus

Copyright (c) 2010-2016. sekolahoke.com