Apakah Mengajar Harus Mengikuti Buku?

Apakah anda mengajar menurut apa saja yang ada di buku? Kalau iya, sebaiknya anda periksa ulang pembelajaran model seperti ini.

Buku adalah sumber materi pelajaran. Di dalamnya berisi materi yang diamanatkan oleh silabus yang ada dalam kurikulum.

Namun terkadang tugas yang diberikan kepada siswa tidak sesuai dengan keadaan peserta didik kita. Ada tugas yang terlalu sulit bahkan sebaliknya terlalu mudah.

Jadi mempercayakan kegiatan pembelajaran sepenuhnya pada apa yang tertera di buku kurang tepat. Sebaiknya dilakukan telaah buku terlebih dahulu. Tentukan bagian mana yang perlu penyesuaian.

Memilih bahan ajar adalah hal yang tidak bisa diabaikan dalam proses belajar mengajar. Guru yang menentukan mana yang tepat atau tidak tepat untuk peserta didiknya.

Pengarang buku kemungkinan adalah orang pandai yang berpengalaman mengajar di sekolah yang favorit dengan siswa yang tingkat intelektualnya tinggi. Maka apabila disamakan dengan siswa kita yang pas-pasan, maka tidak akan pernah berhasil secara maksimal.

Solusinya adalah melakukan telaah buku dan adaptasi. Baik secara individu atau secara tim dengan guru lain dalam satu mata pelajaran.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Copyright (c) 2010-2016. sekolahoke.com