Sabtu, 02 Maret 2013

Permainan Tebak Huruf Bahasa Inggris

| Sabtu, 02 Maret 2013
Ingin siswa belajar Bahasa Inggris dengan wajah cerah karena gembira? Selingilah pelajaran Bahasa Inggris dengan permainan yang menyenangkan dan mempunyai nilai edukatif.

Kali ini sekolahoke.com berbagi sebuah permainan Bahasa Inggris. Permainan ini diadopsi dari permainan puzzle dimana siswa diminta untuk menebak kata di dalam tabel. Untuk membuatnya lebih menantang, satu huruf dalam tiap kata diganti tanda tanya. Jadi, siswa diminta menebak huruf apa itu.

Begini cara mainnya:

Pertama, buatlah sebuah tabel berisi 49 kotak. 7 kotak ke kanan, dan 7 kotak ke bawah. Nantinya tabel kosong ini akan diisi huruf oleh siswa dimana guru yang mendikte satu-persatu huruf-huruf tersebut.

Tabel kosong

Kedua, siapkan kata yang yang akan dibuat permainan dengan merangkai sendiri. Buatlah daftar kata dengan satu topik saja untuk memudahkan siswa berpikir. Misalnya, food, drink, verb, adjective atau lainnya.

Lihat contoh tabel puzzle dengan daftar kata adjective berikut ini. Coba gurunya menebak terlebih dulu huruf apa yang tepat untuk menggantikan tanda tanya dalam tabel.

puzzle Bahasa Inggris

Ketiga, minta satu siswa perwakilan maju ke depan papan tulis untuk menulis huruf yang dieja guru. Jika ingin siswa bekerja bersama, buatlah berkelompok dengan satu tabel tiap kelompok. Atau masing-masing anak membuat tabel dan harus mengisi sesuai yang diucapkan guru.

Keempat, mintalah siswa menebak huruf yang diberi tanda tanya. Beritahukan bahwa di dalam tabel terdapat beberapa adjective. Cara membaca adjective tersebut bisa dari kiri ke kanan, kanan ke kiri, atas ke bawah, dan dari bawah ke atas. Bisa juga arah diagonal.  Beri hadiah kecil atau poin bagi siswa yang bisa menebak dengan tepat.

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar