Sabtu, 16 Februari 2013

Permainan Untuk Melatih Supaya Lancar Bicara Bahasa Inggris (Speaking)

Kegiatan speaking skills di dalam kelas tidak harus monoton melakukan dialog dan monolog dengan topik yang serius dan berat. Kalau itu dilakukan, siswa akan menjadi terbebani dan takut untuk bicara karena takut salah.

Guru perlu memberi kegiatan yang ringan dan segar. Kegiatan itu tidak keluar dari konteks pembelajaran. Permainan itu harus menghibur tapi bermakna.

Sekolahoke.com kali ini berbagi cara melatih supaya siswa lancar bicara Bahasa Inggris dengan model permainan. Nama permainannya adalah POLICE ARTIST

Permainan Police Artist ini diadopsi dari pekerjaan seorang polisi yang bertugas menggambar pelaku kriminal yang diceritakan oleh saksi.

Cara memainkannya:
  1. Bekali siswa dengan kosakata yang digunakan untuk mendeskripsikan ciri-ciri orang. Contoh: curly hair, pointed nose, thin lips dan sebagainya. 
  2. Buat siswa berhadapan. Jika ada 10 orang, maka berhadapan 5 lawan 5. Jika ganjil, misalnya 7 orang, maka dibuat berhadapan 4 lawan 3. Satu kelompok sebagai Police Artist dan kelompok dihadapannya adalah saksi mata pelaku kejahatan.
  3. Beri masing-masing saksi mata sebuah gambar orang terkenal. Kalau tidak memungkinkan, cukup 1 gambar di tengah kelompok dengan posisi gambar menghadap para saksi mata. Police Artist tidak boleh melihat gambar. Bisa juga dengan memakai laptop dan viewer. Usahakan para Police Artist membelakangi gambar sehingga mereka tidak tahu siapa yang akan dideskripsikan.
  4. Siswa yang menjadi saksi mata bergiliran mendeskripsikan wajah dalam gambar. Jika siswa sangat banyak, beri kesempatan masing-masing siswa menyebutkan 1 deskripsi. Contoh: He has long hair. Para Police Artist harus menggambar sesuai yang dideskripsikan.
  5. Jika sudah selesai, ganti peran. Siswa yang berperan sebagai police artist sebelumnya, sekarang menjadi saksi mata. Sedangkan saksi mata, berganti peran menjadi police artist. 
  6. Ulangi langkah nomor 3 dan 4 dengan menggunakan gambar lain.
  7. Jika semua siswa sudah selesai menggambar, tukar gambar yang sudah dibuat dengan teman. 
  8. Minta siswa untuk menilai gambar teman dan memberi komentar.

Baca artikel lainnya



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar