Materi Apa Saja Yang Biasanya Muncul Dalam Ujian Nasional SMP Pelajaran Bahasa Inggris?

Untuk mengetahui apa saja materi yang muncul dalam Ujian Nasional, kita bisa melihat kisi-kisi yang dibagikan oleh BNSP.

Namun, kisi-kisi tersebut berupa tabel dengan disertai standard kompetensi dan materi pokok. Tidak ada contoh rinci tentang soal yang akan muncul.

Untuk mengetahuinya, kita harus melakukan telaah soal-soal tahun-tahun sebelumnya. Sehingga kita tahu pasti seperti apa bentuk soal yang biasanya keluar.

Dalam artikel ini, Sekolahoke.com akan berbagi tentang apa saja materi yang biasanya muncul dalam Ujian Nasional SMP pelajaran Bahasa Inggris.

Short Functional Text

Setiap tahun short functional text selalu muncul. Biasanya terletak di bagian awal lampiran soal-soal. Soal ini beragam. Bisa Notice, Announcement, Greeting Card, Invitation, Letter, dan teks pendek lainnya.

Narrative Text

Selalu muncul tiap tahun. Teksnya lumayan panjang. Untuk mengerjakan soal ini, siswa butuh kemampuan pemahaman teks dan kosakata yang banyak.

Recount Text

Teks yang berisi pengalaman seseorang ini muncul dalam Ujian Nasional beberapa kali. Soal ini tak begitu sulit karena isinya hanya cerita pengalaman berdasarkan waktu.

Report Text

Porsinya hanya 1 - 2 soal dalam setiap UN. Soal ini cukup rumit karena banyak kosakata menggunakan Bahasa Ilmiah. Maka dari itu soal bentuk report text termasuk kategori sulit.

Procedure Text

Teks prosedur hampir selalu ada dalam UN SMP. Soal ini tidak sulit. Biasanya yang ditanyakan adalah urutan-urutan prosedur membuat atau melakukan sesuatu.

Descriptive Text

Teks descriptive jarang muncul dalam UN. Soal yang muncul biasanya berupa pertanyaan umum seperti "What does the text tell you about?"

Kalimat Rumpang

Mulai UN dilaksanakan, kalimat rumpang, atau kata acak, selalu ada. Disini siswa dituntut memahami grammar Bahasa Inggris sehingga bisa menyusun kalimat menjadi baik dan benar.

Paragraf Rumpang

Soal model ini menuntut siswa bisa memahami bacaan Bahasa Inggris kemudian menyusunnya menjadi sebuah paragraf yang benar.

Penulis: Fadli Eha

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Copyright (c) 2010-2016. sekolahoke.com