Rabu, 12 Desember 2012

Bedanya HER dan REMIDI

Her dan Remidi adalah 2 kata dan istilah yang berbeda. Dua istilah ini tidak sama. Yang satunya adalah proses pembelajaran, yang lainnya adalah tes ulangan.

HER

Her adalah ujian perbaikan. Siswa yang mendapat nilai jelek, harus mengulang dengan soal yang sama. Nilainya diambil yang terbaik. 

Tapi, kebijakan lainnya adalah nilai yang diambil adalah nilai minimal atau sesuai ketuntasan. Kalau nilai ketuntasan 75, walaupun nilai HER nya 98, maka ia hanya mendapat nilai 75.

REMIDI

Remidi adalah proses pembelajaran ulang. Setelah siswa melakukan proses pembelajaran beberapa waktu, kemudian diuji. 

Setelah selesai ujian, hasilnya dianalisis. Akan ketahuan, bagian mana saja yang tidak dikuasai. Maka bagian yang tidak dikuasai inilah yang dipelajari lagi untuk beberapa waktu.

Setelah selesai pembelajaran, maka diadakah tes lagi. Nah, tes inilah yang namanya ujian remidi. Artinya, ujian untuk mengetes hasil remidi.

Kalau tidak tuntas lagi? Ya pembelajaran remidi lagi seperti diawal. Kemudian di tes lagi sampai nilainya tuntas. Ribet? Ya begitulah remidial

Makanya kalau ada guru yang bilang "Besok yang nilai Ujian Semesternya jelek, harus remidi". Kalau guru ini mengajarkan lagi bagian yang tidak dikuasai siswa, maka ujiannya adalah ujian remidi. Tapi jika ia langsung mengadakan tes lagi tanpa pembelajaran ulangan, itu namanya HER.

Baca artikel lainnya



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar