Pengertian Spoof Text

Pernah membaca sebuah cerita dimana kejadian akhirnya tidak terduga dan cenderung menggelikan? Ya, itulah teks spoof.

Spoof text adalah jenis karangan fiksi dimana akhir dari cerita ada kejadian tidak terduga. Hampir mirip dengan Recount, bedanya Spoof bentuknya fiksi alias rekaan belaka.

Contoh teks spoof yang sering muncul dalam teks Bahasa Inggris adalah cerita Penguin in the Park. Dalam cerita singkat itu diceritakan ada seorang laki-laki sedang memangku seekor penguin di taman. Seorang polisi datang menghampiri. Polisi itu menyarankan sebaiknya laki-laki itu pergi dari taman itu, karena taman itu tidak memperbolehkan pengunjung membawa binatang.

Laki-laki itu pergi. Tapi beberapa jam kemudian dia sudah terlihat duduk lagi di bangku taman. Tentu saja polisi penjaga taman menjadi gusar.

"Hei, mengapa kamu kemari lagi dengan penguin itu?" tanya polisi.

"Aku sudah pergi tadi. Ku ajak penguinku ini ke gedung bioskop. Dia gak suka tempat itu. Ku ajak ke mall, dia juga gelisah, tak suka ada disana. Makanya kubawa kesini lagi. Dia lebih suka ada disini," jawab laki-laki itu tanpa ekspresi.

Nah, jawaban dari laki-laki itulah yang dinamakan kejadian tak terduga atau disebut twist. Disinilah yang membuat teks diatas dinamakan teks spoof.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Copyright (c) 2010-2016. sekolahoke.com