Apa Yang Dimaksud Fobia?

Manusia dikaruniai rasa takut. Hal itu wajar karena manusia memiliki energi positif dan negatif. Energi positifnya adalah rasa berani, sedangkan negatifnya adalah takut.

Ada orang yang mempunyai rasa takut yang berlebihan. Takut ketika berada di ketinggian hingga ia menjadi lemas. Takut tempat sempit. Jika berada tempat sempit, tiba-tiba serasa akan mati. Rasa takut berlebihan inilah yang disebut fobia.

Saya tidak akan berteori banyak tentang fobia. Karena anda tentu mempunyai banyak referensi tentang fobia ini. Saya hanya ingin berbagi tentang fobia akut yang banyak menimpa orang di sekitar bahkan dalam diri saya sendiri.

Contoh fobia menurut versi saya:

Takut jarum suntik

Saya termasuk orang yang takut jarum suntik. Sebenarnya saya tidak punya pengalaman buruk dengan jarum suntik. Tapi, saya sering membayangkan ketika disuntik tiba-tiba jarumnya patah dan patahannya tertinggal di kulit saya. Akibat dari fobia ini saya paling anti periksa ke dokter.

Takut kucing

Ini terjadi pada beberapa teman saya. Takut kucing. Menurut mereka, semasa kecil mereka pernah dicakar dan digigit kucing. Mulai saat itu mereka menjadi takut kucing. Jangankan pegang, lihat dia lewat saja, jantungnya serasa mau copot.

Takut gelap

Anak saya yang laki-laki masih kecil usia 4 tahun. Dia sangat takut akan gelap. Beda dengan saya yang suka sama gelap. Suatu malam ia tidur dengan saya. Lampu saya matikan. Tengah malam tiba-tiba anak saya bangun dan menjerit. Dia bilang tidak bisa bernafas kalau gelap. Dia pengennya lampu tetap menyala.

Takut bandulan atau ayunan

Ika teman perempuan saya waktu SD. Dia menangis jika melihat benda berayun-ayun. Jangankan ayunan mainan anak TK, benda diayunkan saja dia pasti marah dan menangis. Menurut orang tuanya dia pernah terjatuh dari ayunan waktu masih TK.

Takut miskin

Saya tidak tahu apakah ada orang yang seperti ini. Kerja banting tulang supaya kaya raya. Lalu takut jadi miskin. Ia berusaha supaya kekayaannya kekal dengan berbagai macam cara.

Itu saja yang bisa saya sampaikan. Sebenarnya masih banyak jenis-jenis fobia. Silahkan anda telaah sendiri di lingkungan sekitar anda.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Copyright (c) 2010-2016. sekolahoke.com