Langkah Mengajar Speaking Memperkenalkan Diri Dalam Bahasa Inggris

Materi memperkenalkan diri menggunakan Bahasa Inggris bisa ditemui di silabus SMP dan SMA semester pertama. Materi ini merupakan materi pokok yang harus dikuasai oleh siswa sebelum menguasai materi lainnya.

Materinya tidak begitu sulit, bagi guru. Tapi bagi pemula, pasti terasa sulit dan butuh dorongan supaya percaya diri bicara Bahasa Inggris.

Sekolah oke akan memberikan langkah sederhana mengajar Bahasa Inggris untuk speaking  skills materi memperkenalkan diri.

Materi pokok: Memperkenalkan diri
Skills: Speaking
Tujuan pembelajaran: Setelah proses belajar mengajar, siswa dapat memperkenalkan diri dengan lancar dan akurat.

Kegiatan awal

  1. Siswa berlatih spelling. Guru bisa mengajarkan mengeja huruf-huruf menggunakan lagu ABC Song. Kalau belum tahu lagunya dengarkan lagunya di postingan: Lagu Bahasa Inggris ABC Song.
  2. Siswa mendengarkan huruf-huruf yang disebutkan guru kemudian dirangkai menjadi sebuah nama. Usahakan menggunakan nama-nama orang terkenal untuk membuat pembelajaran menjadi menarik.
  3. Brainstorming: Siswa menyebutkan apa saja yang biasanya diperkenalkan orang ketika bertemu pertama kali.
  4. Siswa mempelajari ungkapan-ungkapan cara memperkenalkan diri. Guru bisa memberikan contoh melalui rekaman percakapan pendek atau melalui beberapa peragaan.
Kegiatan Inti
  1. Siswa memperkenalkan diri kepada teman. Guru bisa menggunakan media kertas. Minta siswa menuliskan nama mereka di secarik kertas. Kertas kemudian dilumat atau dibuat kapal terbang kertas.  Secara bersama kertas dilempar ke depan kelas. Guru mengambil satu kertas dan membaca nama yang ada di dalam kertas. Siswa yang disebutkan, maju dan memperkenalkan diri. Selanjutnya dia mengambil kertas lain dan membaca nama siswa yang tertera di dalamnya. Terus sampai kertas habis. Jika siswa terlalu banyak, minta 10 sampai 15 siswa saja.
  2. Siswa menyebutkan biodata siswa yang telah memperkenalkan diri. Guru bisa menunjuk salah satu orang siswa untuk menyebutkan biodata siswa yang sebelumnya telah maju ke depan kelas untuk memperkenalkan diri.
Kegiatan Akhir
  1. Siswa membuat perkenalan diri dalam bentuk tulisan. Ini berfungsi untuk memperkuat hasil pembelajaran.
  2. Siswa membuat refleksi pembelajaran. Refleksi pembelajaran yang dimaksud adalah kesimpulan dari pembelajaran, kemajuan yang diperoleh, dan bagian mana yang dirasa sulit dalam pembelajaran tersebut.
Demikian langkah mengajar speaking memperkenalkan diri menggunakan Bahasa Inggris. Bapak dan Ibu guru bisa menggunakannya sebagai alternatif pembelajaran di kelas. Ada kemungkinan Bapak dan Ibu guru sekalian sudah punya trik dan teknik sendiri dalam pembelajaran ini, silahkan berbagi di kolom komentar.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Copyright (c) 2010-2016. sekolahoke.com