Minggu, 09 September 2012

Kurikulum Pendidikan Terbaru Berlaku Tahun 2013 untuk SD, SMP, SMA, SMK

Setelah beberapa waktu melakukan evaluasi terhadap Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), akhirnya Mendikbud beserta staf ahlinya sepakat untuk merancang kurikulum baru.

Kapan Kurikulum Pendidikan ini akan digunakan di dunia pendidikan? Kurikulum terbaru ini kemungkinan baru akan dipergunakan di tahun ajaran 2013-2014.

Saat ini Mendikbud, Muhammad Nuh, dan para ahli sedang membuat rancangan kurikulum baru yang lebih fresh dan menjawab tantangan jaman.

Apa alasan dibuat kurikulum baru untuk SD, SMP, SMA, dan SMK?

Menurut Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Kabalitbang) Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Chairil Anwar Notodiputro, kurikulum yang ada saat ini sudah ketinggalan jaman. (Kompas.com, 28/08/2012).

Selain itu, kurikulum yang berlaku terlalu padat dan tidak efisien. Banyak materi yang hanya membebani siswa dan tak banyak digunakan dalam kehidupan nyata siswa.

Apakah kurikulum baru tersebut hanya merupakan revisi dari KTSP?

Kalau menilik dari kurikulum yang ada sebelumnya, setiap ganti kurikulum tidak banyak perubahan secara massif di dalamnya.

Kurikulum 1994 berganti menjadi Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) di tahun 2004, perubahan hanya pada materi dan penyajian pembelajaran. Perubahan terjadi juga pada peleburan mata pelajaran Kimia, Fisika, Biologi menjadi mata pelajaran IPA Terpadu.

Tahun 2006, kurikulum diperbarui lagi menjadi KTSP. Dimana basis dari kurikulum ini adalah dimana sekolah diberi kesempatan untuk mengembangkan potensi daerah dan sekolah itu sendiri.

KTSP juga identik dengan pembelajaran student centre. Walau dalam prakteknya, tak sedikit guru yang belum melakukannya.

Lalu, seperti apa kurikulum terbaru yang bakal berlaku tahun 2013 untuk SD, SMP, SMA, dan SMK tersebut? Patut ditunggu bagi kita insan pendidikan Indonesia.

Penulis: Fadlieha




Baca artikel lainnya



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar