Jumat, 17 Agustus 2012

8 Teknik Pembelajaran Menyenangkan

Artikel ini adalah lanjutan dari artikel 8 Teknik Pembelajaran Komunikatif Menyenangkan dimana telah dijabarkan 4 teknik pembelajaran menyenangkan.

Selanjutnya akan disampaikan 4 teknik pembelajaran lainnya dalam artikel kali ini. Apakah itu? Mari kita simak bersama.
 
Interview

Teknik interview dilakukan dengan menanyakan kepada teman sekelas atau kelas lain. Atau bisa juga lebih bebas sesuai kesepakatan, misalnya interview orang di jalan, orang yang belum di kenal, atau orang tertentu di luar ruangan.

Angket pertanyaan bisa disusun oleh guru sesuai dengan topik pembelajaran. Bisa juga siswa dibebaskan membuat pertanyaan, tentu saja dalam kontrol guru.

Pair Work/Group Work

Cara belajar beregu dengan teman sebangku atau berkelompok sangat bagus untuk melatih kerjasama. Selain itu, cara belajar ini bisa mengatasi pembelajar yang lemah. Mereka bisa terbantu oleh temannya yang kemampuannya berada di atasnya.

Learning by Teaching

Pernah meminta siswa mengajar temannya? Belum? Cobalah. Sediakan sebuah topik yang sudah pernah dipelajari. Buatlah siswa menjadi beberapa kelompok. Satu orang menjadi guru, dan yang lain menjadi murid. Cara ini sangat menyenangkan untuk melatih skill dan mental siswa.

Information Gap

Komunikasi sehari-hari tak terlepas dari information gap. Orang melakukan komunikasi karena ia menyampaikan sesuatu yang belum diketahui orang lain.

Komunikasi model seperti ini bisa diadaptasi ke dalam pembelajaran. Siswa memberitahukan sebuah informasi tertentu yang orang lain belum pernah mendapatkannya. Tentu saja harus disesuaikan dengan topik yang sedang dipelajari.

Contoh sederhana, siswa diminta membaca berita. Setelah selesai membaca berita, mereka diminta untuk menyampaikan berita tersibut kepada orang atau kelompok lain.

Baca juga:



Baca artikel lainnya



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar