Rabu, 15 Agustus 2012

8 Teknik Pembelajaran Komunikatif Menyenangkan

Setiap guru pasti setuju kalau belajar Bahasa Inggris harus menyenangkan. Dengan menimbulkan rasa senang, pembelajar jadi bergairah dan bersemangat belajar. 

Namun, guru terkadang mengalami kesulitan dalam menerapkannya di kelas. Kesulitan itu biasanya muncul karena mereka masih terpaku pada cara lama dan tidak mau berubah menggunakan cara baru.

Cara lama semacam model ceramah, Audio Lingual Method semisal listen and repeat masih sering dilakukan. Akibatnya pembelajaran Bahasa Inggris terkesan kaku dan kurang menyenangkan.

Sekolahoke.com kali ini ingin berbagi teknik mengajar dalam kelas yang cukup menyenangkan. Teknik ini sudah banyak yang menggunakan dan terbilang sukses di kelas Bahasa Inggris.

8 Teknik Pembelajaran Komunikatif Menyenangkan

Role Play

Role Play adalah kegiatan pembelajaran bermain peran. Guru menjadikan suasana kelas seperti dunia nyata. Misalnya topik shopping, guru membagi siswa menjadi penjual dan pembeli.

Surveys

Siswa membuat tim survey di kelas tersebut. Tentu saja survey harus disesuaikan tingkat pembelajar. Survey sederhana misalnya, siswa membuat angket pertanyaan kepada 40 siswa di kelas.

Games

Permainan adalah hal yang disukai anak. Permainan juga disukai oleh pembelajar. Dalam mengajar Bahasa Inggris, guru perlu menyisipkan permainan yang proporsional untuk membangkitkan motivasi pembelajar.

Language Exchange

Siswa suka jika mereka bertemu dengan Native Speaker. Walaupun hanya say Hello saja, itu sudah menimbulkan bangga dalam diri mereka.

Namun sayangnya, kita kesulitan menghadirkan Native Speaker di kelas. Hal ini bisa di atasi dengan menggunakan media sosial seperti Yahoo Messenger.

Baca artikel lainnya



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar