Permainan Hangman Bahasa Inggris

Hangman bisa diartikan sebagai tukang jagal/gantung. Tugasnya adalah menggantung orang yang bersalah. Orang yang bersalah tersambut digantung disebuah tiang dengan tali rami hingga mati.

Ternyata ini menginspirasi orang untuk membuat permainan Hangman. Apa hubungannnya dengan orang yang digantung?

Permainan Hangman adalah permainan kosakata Bahasa Inggris dimanan pemain mendapat kesempatan sebanyak 7 kali. Jika dalam kesempatan 7 kali ia tidak bisa menebak maka dia tidak mendapat poin.

7 kesempatan dalam permainan Hangman ini digambarkan dalam bentuk orang yang digantung. Perhatikan gambar.

Peralatan untuk memainkan Hangman ini sangat mudah dan sederhana. Bapak dan ibu guru hanya memerlukan papan tulis dan spidol.

Permainan Hangman
Prosedur memainkan Hangman:
  1. Bagilah siswa menjadi 2 atau 3 kelompok.
  2. Beritahukan bahwa mereka harus menebak sebuah kata. Katakan bahwa mereka tidak boleh menebak langsung, tapi harus dengan menyebutkan alpabet saja. Kesempatan masing-masing kelompok hanya 7 kali.
  3. Buat tabel poin untuk masing-masing kelompok. Di bawah masing-masing tabel poin gambarkan tiang gantungan. Perhatikan gambar.
  4. Persiapkan satu kata. Persempit dengan topik tertentu untuk memudahkan siswa.
  5. Tulis kata tersebut dengan strip-strip di papan tulis. Misalnya guru mempersiapkan kata "BANANA" maka tulis strip sebanyak enam _ _ _ _ _ _
  6. Mintalah kelompok siswa secara bergantian menyebutkan satu huruf alpabet. Jika ada tuliskan huruf tersebut di atas tanda strip. Misalnya kelompok 1 menyebut A maka tuliskan huruf A. Karena dalam kata "BANANA" ada 3 huruf A, maka tuliskan ketiga-tiganya menjadi: _ A _ A _ A Tapi jika huruf yang disebutkan tidak ada di dalam kata tersebut maka gambarlah kepala di tiang gantungan untuk grup yang salah sebut tersebut. Perhatikan gambar.
  7. Teruskan permainan ke kelompok berikutnya. Prosedurnya sama. Setiap kelompok harus menyebutkan 1 huruf saja dan berkesempatan menebak 1 kali.
  8. Kelompok yang pertama kali mendapat gambar orang digantung tidak boleh ikut menebak lagi. Sedangkan kelompok yang bisa menebak kata tersebut mendapat poin.
  9. Lanjutkan permainan hingga 5 kosakata.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Copyright (c) 2010-2016. sekolahoke.com