Kamis, 05 April 2012

Solusi Tak Punya Rekaman Percakapan Bahasa Inggris Untuk Listening

Keluhan ini datang dari guru-guru yang sekolah tempat mereka mengajar tidak terdapat lab bahasa. Selain tidak ada laboratorium bahasa, guru tersebut juga kesulitan mendapatkan rekaman percakapan Bahasa Inggris dari native speaker yang sesuai dengan topik dalam silabus.

Berikut ini beberapa alternatif solusi jika anda adalah guru Bahasa Inggris yang mengalami kendala tersebut.

Gunakan Tape Recorder/Loud Speaker

Ini adalah solusi umum untuk guru yang sekolahnya tidak ada laboratorium. Kita bisa menggunakan Tape Recorder untuk memutar rekaman. Guru juga bisa menggunakan Loud Speaker untuk mengeluarkan output suara dari laptop/komputer.

Gunakan Suara Guru

Suara guru bisa dijadikan media listening. Guru membaca percakapan. Siswa melakukan tugas misalnya mengisi titik-titik atau menyusun teks rumpang berdasarkan teks lisan dari guru. 

Guru bisa juga merekam suara sendiri menggunakan tape recorder, HP atau alat perekam lainnya. Selain itu guru bisa mengajak orang lain untuk rekaman untuk diperdengarkan kepada siswa.

Gunakan Media Text Converter Online

Jaman sudah maju. Kita bisa menggunakan media online untuk membuat teks percapan. Salah satunya dengan media Text To Speech Online di www.ispeech.org. Disana bapak/ibu guru bisa copy paste teks yang akan dirubah oleh media tersebut menjadi suara dari native speaker baik orang Inggris atau Amerika.

Baca artikel lainnya



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar