Membedakan Arti Dear, Kepada Atau Kekasih

Dalam Bahasa Indonesia kita mengenal namanya homograf. Maksudnya, kata yang mempunyai kesamaan penulisan. Contohnya kata apel. Kata apel bisa bermakna nama buah, bisa pula bermakna mengunjungi pacar. Bagaimana cara membedakannya? Kita bisa membedakannya berdasarkan konteks pembicaraan. 
  • Saya suka apel.
  • Tidak terasa sudah akhir pekan, saatnya apel malem minggu.
Pada contoh kalimat pertama kita tahu maksud kata apel bermakna nama buah. Sedangkan pada kalimat kedua artinya mengunjungi pacar.

Kita mengetahui makna keduanya berdasarkan konteks. Pada kalimat pertama orang tersebut berbicara dalam konteks makanan/nama buah. Sedangkan kalimat kedua adalah konteks pacaran.

Arti Dear, Kepada atau Sayang?

Bagaimana dalam Bahasa Inggris? Bahasa Inggris juga memiliki kata yang homografn. Contohnya kata Dear. Kata ini bermakna kepada, dan bisa juga bermakna sayang/kekasih.
  • Dear friends. Please, come to my birthday party.
  • You give a lot of attention. Thanks, dear.
Bagaimana makna dear dari kedua contoh kalimat di atas? Pada kalimat pertama, dear mempunyai makna kepada. Sedangkan pada kalimat kedua bermakna sayang.

Ada dua cara mengetahui makna kata Dear dalam kalimat diatas. Kita bisa mengetahui maknanya secara kontekstual dan grammatikal.

Mengetahui makna secara kontekstual berarti kita harus memperhatikan si pembicara berbicara dalam konteks apa. Jika orang tersebut berbicara atau menulis dalam konteks pengumuman, pembukaan surat, maka kita tahu Dear berarti kepada. 

Mengetahui makna secara grammatikal berarti kita harus memperhatikan menurut struktur kalimat.Struktur kalimat dekat dengan Part of Speech.

Jika terletak di depan sebuah noun maka dear berfungsi sebagai preposition. Sebagai preposition, Dear bisa diartikan Kepada. Contohnya Dear friend, Dear Joko, Dear Mom.

Jika terletak setelah Adjective atau berdiri sendiri sebagai Noun, maka Dear mempunyai makna Sayang/kekasih/pacar. Contohnya My Dear, Lovely Dear, Dear.

2 komentar:

Copyright (c) 2010-2016. sekolahoke.com