Minggu, 15 April 2012

Nama Fakultas di Perguruan Tinggi/Universitas dan Profesi Setelah Lulus

Untuk apa kuliah? Katanya untuk menuntut ilmu. Katanya untuk kehidupan yang lebih baik. Katanya menjadi tulang punggung bangsa yang berdaya guna. 

Apapun alasan kuliahnya, satu yang perlu dipahami bahwa kesuksesan kuliah diawali dengan persiapan yang matang. Persiapan yang matang meliputi pemilihan jurusan dan program studi sesuai dengan bakat dan minat.

Langkah awal mengenal perkuliahan adalah mengenal nama-nama fakultas di perguruan tinggi/universitas. Fakultas adalah bagian di universitas yang berisi spesifikasi jurusan tertentu.

Berikut ini akan dipaparkan sekilas tentang fakultas yang ada di universitas beserta profesi yang mungkin ditekuni setelah lulus kuliah.

Fakultas Pertanian

Fakultas pertanian membawahi jurusan-jurusan di bidang pertanian, seperti ilmu tanah, agronomi, dan ilmu hama. 

Nantinya setelah lulus kuliah, mahasiswa tersebut diharapkan berprofesi di bidang pertanian semisal ahli pertaniah, ahli pertanahan, penyemaian, dan pengembangan usaha pertanian.

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol)

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik membawahi jurusan-jurusan di bidang sosial dan politik. Jurusan-jurusan tersebut diantaranya jurusan Hubungan Internasional, Administrasi Negara, Administrasi Niaga.

Para mahasiswa yang menuntut ilmu di fakultas ini diharapkan menjadi generasi penerus di bidang politik seperti ahli tata negara, diplomat, maupun duta besar.

Fakultas Ekonomi

Fakultas Ekonomi membawahi jurusan di bidang ekonomi misalnya jurusan akuntansi dan manajemen.

Lulusan dari fakultas ekonomi biasanya berkecimpung di bidang perekonomian. Ada yang menjadi bankir, bidang tata usaha perusahaan dan ekonom.

Fakultas Hukum

Fakultas hukum membawahi jurusan ilmu hukum. Di dalamnya mahasiswa belajar tentang ilmu yang berkenaan dengan hukum.

Setelah lulus kuliah mahasiswa diharapkan berkecimpung di bidang hukum seperti menjadi hakim, pengacara, jaksa dan panitera.

Fakultas Kedokteran

Fakultas kedokteran membawahi jurusan di bidang kedokteran seperti dokter umum, penyakit dalam, dan spesialis.

Lulusan dari  fakultas kedokteran diharapkan mampu menyumbang energi di bidang kedokteran dengan menjadi ahli kesehatan, dokter umum maupun dokter khusus.

Fakultas Sastra

Fakultas sastra membawahi jurusan yang berhubungan dengan kesusasteraan dan budaya. Misalnya sastra Inggris, sastra Indonesia, Jawa, Jerman, Sejarah.

Para lulusan fakultas sastra diharapkan mumpuni dibidang kesusasteraan dan kebudayaan. Profesi yang cocok adalah ahli bahasa, translasi dan purbakala.

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)

FKIP membawahi jurusan di bidang pendidikan. Contoh program studi di FKIP adalah pendidikan Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Matematika, dan Biologi.

Profesi yang diharapkan dari lulusan FKIP adalah profesi guru. Dengan kuliah di FKIP, mahasiswa siap dicetak menjadi pendidik generasi bangsa.

Demikian artikel singkat tentang nama fakultas di perguruan tinggi/universitas dan profesi yang cocok setelah lulus dari kuliah.

Baca artikel lainnya



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar